Lihat ke Halaman Asli

Variasi Warna Baru Paprika

Diperbarui: 11 April 2018   10:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Paprika merupakan sayuran yang banyak dibudidayakan di indonesia tanaman yang diambil buahnya ini biasanya dijadikan sebagai salad atau juga di jadikan sebagai hiasan untuk mempercantik hidangan makanan, sayuran ini memiliki nilai gizi yang cukup tinggi, paprika mengandung lemak.protein dan juga zat besi yang bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh. seperti yang kita ketahui ada beberapa warna pada tanaman sayuran ini yaitu merah, kuning dan hijau, namun bagaimana bila muncul warna baru dalam tanaman sayuran ini ?

melalui proses pemuliaan tanaman yang bertujuan agar bisa menghasilkan varietas baru dan unggul serta bisa meningkatkan produktivitas. maka untuk mengasilkan paprika berwarna ungu ini  dilakukanlah proses penyerbukan silang  antara bunga paprika biasa berwarna merah dengan bunga dari tanaman terong ungu. Penyerbukan silang ini dilakukan sama pada penyerbukan-peyerbukan tanaman lain pada biasanya.

Tetua betina diambil dari bunga tanaman paprika sedangkan untuk tetua jantan diambil dari bunga tanaman terong ungu. Hal ini juga betujuan agar menghasilkan variasi warna yang baru yang diambil dimiliki dari tanaman terong ungu tersebut dalam persilangan ini diusahakan pemilihan tetua jantan dan tetua betina adalah bunga yang masih kuncup agar dapat mengetahui bahwa bunga tersebut belum dibuahi Setelah selesai melakukan persilangan atau polinasei antara bunga tanaman paprika dengan bunga tanaman terong lalu jangan lupa untuk memberi label dan mengamati hasil persilangan.

Persilangan ini bru berupa ide dan kemungkinan masih banyak kekurangan-kekurangannya. 

#PemulianTanaman#FakultasPertanianDanBisnis#UKSW 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline