Sering banyak di sepelekan jika overheat pada mesin diesel.Mesin diesel di kenal sebagai mesin yang telat panas,karena mesin diesel memiliki efisiensi thermal yang cukup tinggi di banding dengan mesin bensin.
Sistem pembakaran dalam mesin kendaraan bekerja dengan kondisi panas,hasil pembakaran dalam ruang bakar menghasilkan panas yang akan menghasilkan energi mekanis untuk menggerakan piston dan memutar crank shaft untuk kemudian disalurkan ke roda.
Cuaca denga suhu tinggi,dab di tambah dengan kondisi jalananan yang macet memang dengan dapat dengan mudah membuat mesin menjadi cepat panas,menghadapi kondisi tersebut maka mesin bisa menjadi overheat atau bisa di bilang panas berlebih.
Air radiator kering atau habis
Jika genset sering di pakai,pastikan kalian memeriksakanya secara rutin terhadap air radiator dan jangan biarkan air radiator kering atau habis jika air radiator berkurang maka segeralah isi
Kipas radiator tidak berfungsi atau rusak
Kipas radiator terletak di belakang radiator yang berfungsi untuk membantu aliran udara dari depan radiator melintasi sirip sirip radiator sehingga proses pelepasan panas dari radiator ke udara luar dapat berjalan lancar dan maksimal
Pompa air macet
Pompa air terletak di belakang kipas radiator,pompa radiator ini berfungsi untuk mensirkulasikan air pendingin melawati matel air,menyerap panas dari hasil pembakaran yang kemudian dialirkan menuju radiator untuk proses pelepasan panas.
Tutup radiator rusak
Bagian tutup radiator pada genset menjadi peran yang sangat penting Jika tutup radiator mengalami masalah, maka tekanan udara yang berada di dalam radiator akan berkurang sedikit demi sedikit karena udara yang bocor