Proyek Pembelajaran (Pbl)
Asesmen Perkembangan Anak dengan Angket untuk Tpa dan Kb
Deskripsi Proyek
Proyek pembelajaran ini dirancang untuk memberi pemahaman dan keterampilan kepada pendidik atau calon pendidik dalam menyusun dan menggunakan angket sebagai alat asesmen untuk menilai perkembangan anak di Taman Penitipan Anak (TPA) dan Kelompok Bermain (KB). Peserta didik (guru atau calon guru) akan belajar bagaimana merancang angket yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak usia dini, serta memanfaatkan angket tersebut untuk memperoleh data yang relevan bagi evaluasi perkembangan anak.
Tujuan Pembelajaran:
- Mempelajari Asesmen Perkembangan Anak: Memahami pentingnya asesmen perkembangan anak dan berbagai aspek yang perlu diamati, seperti kognitif, motorik, sosial-emosional, dan bahasa.
- Menyusun Angket untuk Asesmen Anak: Mempelajari cara menyusun angket yang efektif untuk asesmen perkembangan anak di TPA dan KB.
- Pengumpulan Data dengan Angket: Menggunakan angket untuk mengumpulkan data perkembangan anak yang dapat dianalisis dan digunakan untuk merencanakan tindak lanjut yang tepat.
Evaluasi dan Perencanaan Pembelajaran: Menggunakan hasil dari angket untuk mengevaluasi kemajuan anak dan merencanakan kegiatan pembelajaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan anak.
Langkah Proyek
Aktivitas
Pengenalan Asesmen Perkembangan Anak (Hari 1)
Aktivitas 1: