Lihat ke Halaman Asli

Covid-19 Masih Menghantui, Mahasiswa Undip Mengajak Anak-Anak Memakai Masker dan Menjaga Kebersihan Tangan

Diperbarui: 12 Agustus 2022   00:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Sawangan (27/7). Hingga saat ini, sudah lebih dari dua tahun pandemi COVID-19 melanda dunia dan Indonesia sedang berada di fase pasca pandemi. Sepanjang fase tersebut, sudah terjadi banyak kelonggaran bagi masyarakat untuk beraktifitas seperti semula. Namun, akhir-akhir ini, muncul kembali kenaikan angka positif virus tersebut, yang juga dapat menjadi pengingat bahwa pandemi belum sepenuhnya berakhir. Berbagai pihak telah berusaha menekan penyebaran virus menular ini, begitu pula dengan Mahasiswa Universitas Diponegoro yang tergabung dalam kegiatan KKN Tim II Tahun 2022.

Melalui salah satu program kegiatannya, Mahasiswa Undip mengajak siswa dan warga di lingkungan Kelurahan Kedaung RT 01/06, terutama SD Negeri Kedaung untuk tetap memakai masker dan menjaga kebersihan tangan dengan cara yang benar di era pasca pandemi. Hal ini dilakukan agar kesadaran akan masih adanya pandemi di sekitar kita dapat disadari oleh masyarakat, terutama anak-anak dan orang tuanya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan cara penyuluhan langsung di dalam kelas melalui poster bergambar. Poster tersebut kemudian dibagikan kepada pihak sekolah dan dipajang di majalah dinding sekolah agar dapat dilihat kembali.

dokpri

dokpri

Selain itu, penyuluhan tersebut juga dilanjutkan dengan kegiatan pembagian masker bagi siswa dan warga di lingkungan SD Negeri Kedaung. Selain itu, beberapa botol sabun cuci tangan juga disiapkan, yang kemudian dibagikan kepada pihak sekolah dan disebarkan di beberapa titik cuci tangan di lingkungan sekolah.

Realisasi dari penyuluhan hanya dilakukan satu kali di dalam satu kelas yang berisikan 35 siswa. Meski demikian, antusiasme yang ditampilkan oleh para siswa membuat esensi dari kegiatan penyuluhan mengenai pentingnya memakai masker dan menjaga kebersihan tangan di era pasca pandemi dapat tersampaikan dengan baik. 

Pemberian penyuluhan ini diharapkan dapat menjadi 'akar' dari kesadaran anak-anak untuk tetap terjaga dari serangan virus COVID-19, kendati keadaan sudah perlahan kembali normal.

Penulis : Alvin Trisiena, FISIP, Universitas Diponegoro
DPL : Asri Nurdiana, S.T., M.T.
Lokasi : Kelurahan Kedaung, Kecamatan Sawangan, Kota Depok




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline