Lihat ke Halaman Asli

Monique Rijkers

TERVERIFIKASI

Henk Rondonuwu, Wartawan yang Dipenjara Oleh Belanda

Diperbarui: 4 Mei 2016   04:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengenang Henk Rondonuwu: guru, wartawan, politisi dan seniman. 

Opa Henk bersama anak-anak (kiri ke kanan): Rexy, Venny, Ronny Rondonuwu. Foto: pribadi

Dalam rangka Hari Kebebasan Pers Sedunia 3 Mei 2016, saya ingin menulis tentang Opa saya, ayah papi saya Ronny Rondonuwu yang bernama Henk Rondonuwu.

Opa Henk berlatar belakang sebagai guru di Holland Ambonsche School (HIS). Julius Pour dalam biografi AA. Baramuli menulis, "Naldi (panggilan Baramuli) dididik oleh guru nasionalis bernama Henk Rondonuwu, yang selalu memberi nasehat sekaligus mengisi pikiran Naldi bahwa yang harus dilawan adalah penindasan kolonial." Karena berprofesi sebagai guru inilah Opa Henk berkenalan dan bersahabat dengan Alwi Abdul Jalil Habibie, ayah BJ.Habibie.

Dari profesi guru, Opa Henk tanpa sengaja masuk ke dunia jurnalistik. Opa Henk menerbitkan “Pedoman” pada 1 Maret 1947 bersama Soegardo dalam bentuk majalah bulanan. "Pedoman" digagas sebagai pendukung Republik melawan Belanda. Akibat isi "Pedoman", Soegardo dan Opa Henk kerap dipanggil Dinas Rahasia Polisi Belanda hingga akhirnya Soegardo diusir dari Makassar. Pada 17 Agustus 1948 Opa Henk mendirikan “Pedoman Harian” yang terbit dalam bentuk stensilan. Pemberitaannya mengenai kegiatan Republik Indonesia dan berita dari Yogyakarta sehingga Belanda mengeluarkan larangan membacanya (mengutip dari “Menolak Kolonialisme. Menonton Film Barat di Kota Makassar Tahun 1950-an”, penulis Ilham Ambo Tang, arsip Unhas).

koran-pedoman-rakyat-5728ff8065afbd8b0d81fb83.jpeg

Tampilan koran Pedoman Rakyat. Foto: Suharman Musa. 

Namun ada isi koran Pedoman Harian” yang dianggap menghina Belanda sehingga Opa Henk dipenjara selama 3 bulan. Keluar dari penjara, pada tahun 1949, Henk Rondonuwu kemudian mendirikan surat kabar “Pedoman Nusantara” dan “Pedoman Wirawan”. Pada tahun 1950 baru berubah menjadi “Pedoman Rakyat” yang bertahan hingga tahun 2007. Koran "Pedoman Rakyat" termasuk dalam daftar koran tertua di Indonesia yang mampu bertahan hingga lebih dari 40 tahun pada masanya. Slogan koran “Pedoman Rakyat” adalah “Suara Merdeka Untuk Keadilan Sosial”.


Sebagai wartawan, karier Opa Henk membawanya ke Burma sebagai utusan Presiden Soekarno bersama 17 orang lainnya. Ada 4 wartawan selain Opa Henk yang menjalankan misi dari Pemerintah Indonesia di tahun 1952. Tiga wartawan lainnya adalah Rosihan Anwar, wartawan “Pedoman”, Dajat Hardjakusumah, wartawan “Antara” di Bandung dan Mochtar Lubis, wartawan “Indonesia Raya” (wah Opa Henk terpilih untuk pergi bersama dengan nama-nama besar dunia jurnalistik di Indonesia). 

Opa Henk juga sempat menjabat sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Makassar, Sulawesi Selatan. Salah satu tulisannya berjudul, "Di manakah Letak Batas-batas Rendabilitet Pers Daerah? pada 26 Juli 1955 yang dimuat dalam buku bertajuk "Kedudukan Pers Daerah" yang diterbitkan Yayasan Lembaga Pers dan Pendapat Umum, 1957. Nama Opa Henk juga muncul dalam buku terbitan University of Hawaii Press tahun 1985 dengan judul, "Regional Dynamics of The Indonesian Revolution". Wawancara dilakukan di Makassar pada 9 Juni 1971.

Selain piawai sebagai wartawan, Opa Henk ternyata memiliki jiwa seni.  Opa Henk memimpin Lembaga Seni dan Film Rakyat (LESFIRA), di sini Opa Henk terlibat dalam teater dan film. LESFIRA pun membuat film 35mm berjudul "Prajurit Teladan" (1959). Menurut "Les Films de Fiction Indonesiens Conserves a la Cinematheque de Jakarta" yang diterbitkan tahun 1986, Opa Henk sebagai produser dan penulis skenario bersama Nur Alam.

Rekam jejak Henk Rondonuwu tidak terhenti di sini. Opa Henk adalah Ketua Komite Eksekutif Dewan Pimpinan Permesta. Keterlibatannya dalam politik ia salurkan dengan mendirikan partai bersama Andi Burhanuddin. Ia menjadi Ketua Partai Kedaulatan Rakyat (PKR).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline