Lihat ke Halaman Asli

Monika Yulando Putri

Analis. Blogger. Traveler

7 Tips Menjaga Kesehatan untuk Pegawai Kantoran

Diperbarui: 10 Agustus 2019   21:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar : Apsense

Duduk di depan komputer hingga lebih dari delapan jam sehari dan jarang bergerak agaknya menjadi fenomena banyak pegawai kantoran. Belum Kompas menyebutkan tentang penelitian yang dilakukan oleh National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) yang menyimpulkan bahwa gaya hidup kurang aktif dan terlalu banyak duduk meningkatkan risiko penyakit jantung.

Nah, apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan di tengah-tengah kesibukan sebagai pegawai kantoran? Berikut ada tujuh tips menjaga kesehatan untuk pegawai kantoran :

1. Lakukan olahraga ringan

Kalau ruang kantor di lantai atas, alih-alih menggunakan lift tak ada salahnya apabila kita menggunakan tangga. Sebuah olah gerak yang mudah dilakukan tetapi menyimpan manfaat yang besar.

Science Daily mengatakan bahwa riset yang dilakukan oleh peneliti pada Mc Master University menyebutkan bahwa naik turun tangga secara intensif selama tiga puluh menit dalam seminggu meningkatkan kesehatan jantung. Olahraga ringan yang dapat dilakukan di kantor dalam waktu yang relatif singkat antara lain plank, push up, atau sit up.

2. Minum air putih dengan cukup

Konsumsi air yang cukup akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik yang mana hal tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mayo Clinic merekomendasikan para pria untuk mengkonsumsi air sebanyak 3,7 liter dan wanita sebanyak 2,7 liter dalam sehari, 20% dari kebutuhan tersebut bisa bersumber dari makanan yang dikonsumsi.

3. Mengalihkan pandangan dari monitor secara berkala

Terlalu banyak menatap monitor bisa menyebabkan sakit mata, sakit kepala, nyeri di leher, dan sebagainya. Jangan lupa untuk menatap sudut lain minimal sejauh 20 kaki (6 meter) setiap 20 menit selama 20 detik. Jangan lupa juga untuk berkedip secara berkala.

4. Jangan makan berlebihan

Di kantor seringkali terdapat banyak makanan sehingga banyak godaan. Namun, penting untuk makan secara tidak berlebihan. Dalam ajaran Islam dianjurkan komposisi perut terdiri dari sepertiga makanan, sepertiga air, dan sepertiga udara. Doktersehat menyebutkan bahwa makan berlebihan dapat menyebabkan kegemukan hingga menurunkan kemampuan otak.

5. Atur pola makan dan perhatikan nutrisi

Pola makan yang salah merupakan salah satu sumber utama penyakit. Pola makan sehat perlu diperhatikan guna memenuhi kebutuhan nutrisi secara sempurna. Kementerian Kesehatan merilis Panduan Gizi Seimbang (PGS) yang antara lain berisi anjuran untuk mengurangi konsumsi gula, garam, dan lemak. Selain itu, terdapat anjuran agar dalam sekali makan terdapat komposisi separuh bagian piring untuk sayur dan buah serta separuh sisanya untuk karbohidrat dan protein.

6. Hindari stres

Tak bisa dipungkiri bahwa kehidupan kantor itu rawan stres, apalagi jika sedang dikejar target atau deadline. Namun, stres sebisa mungkin harus dihindari karena, sebagaimana dikutip dari CNN, stres dapat menyebabkan gangguan perut dan pencernaan, gangguan pada kulit, meningkatkan risiko penyakit jantung, serta mengganggu sistem kekebalan tubuh. Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Menghindari stres dapat dilakukan dengan hal-hal yang Anda sukai seperti menonton film kesayangan, pergi berlibur, dan sebagainya.

7. Cukup tidur

Orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar delapan jam dalam sehari. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko kegemukan, penyakit jantung, hingga stroke. Sebisa mungkin hindari lembur yang mengganggu waktu tidur.

Nah, bagaimana? Manakah tips yang sudah Anda lakukan? Upaya menjaga kesehatan memang tak selalu mudah, tetapi jika sakit semua menjadi lebih susah, bukan?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline