Lihat ke Halaman Asli

Monic Salamatul K

Universitas PGRI Madiun

Upaya Meningkatkan Kemampuan Numerasi Anak-anak Desa Ngengor Bersama Mahasiswa KKN-T UNIPMA Kelompok 51

Diperbarui: 2 Maret 2023   18:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Upaya Meningkatkan Kemampuan Numerasi Anak-anak Desa Ngengor Bersama Mahasiswa KKN-T UNIPMA Kelompok 51

Kehidupan manusia erat kaitannya dengan numerasi, yaitu kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari. Definisi numerasi mengungkapkan bahwa numerasi berbeda dengan matematika. Jika matematika adalah ilmunya, maka numerasi adalah penggaplikasiannya. Matematika atau pelajaran yang berhubungan erat dengan angka ini seringkali dianggap sulit bagi peserta didik. Hal itu tidak heran karena matematika memerlukan ketelitian dan fokus yang tinggi.

Persepsi 'sulit' yang ditanamkan para peserta didik untuk numerasi seringkali menjadi alasan mengapa mereka tidak menyukai untuk mempelajarinya. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode khusus yang dapat secara perlahan menggantikan persepsi tersebut dengan persepsi bahwa literasi numerasi itu asyik dan berguna bagi kehidupan sehari-hari.

Salah satunya adalah permainan ular tangga raksasa. Permainan ular tangga raksasa sama seperti ular tangga pada umumnya dengan ukuran yang lebih besar, sehingga manusia dapat bermain langsung, melangkahi setiap poin untuk sampai ke nilai seratus.

Upaya Meningkatkan Kemampuan Numerasi Anak-anak Desa Ngengor Bersama Mahasiswa KKN-T UNIPMA Kelompok 51

Dalam rangka peningkatan kemampuan numerasi siswa di jenjang kelas awal SD, mahasiswa KKN-T UNIPMA Kelompok 51 membuat media pembelajaran lewat permainan ular tangga diharapkan dapat meningkatkan literasi numerasi siswa-siswi SD Ngengor lebih tertarik dan senang belajar matematika.

Ular tangga raksasa dibuat seperti ular tangga pada umumnya. Jika dalam kotak angka terdapat gambar bintang maka peserta akan diberikan tantangan berupa pertanyaan atau tantangan bermain. Siapkan sejumlah pertanyaan dengan poin tertentu. Pertanyaan tersebut memuat berbagai permasalahan yang berhubungan erat dengan literasi numerasi. Ketika mencapai angka 100 atau finish dalam ular tangga, peserta didik dapat diberikan reward khusus. Permainan dapat dilakukan selama beberapa kali dalam satu tahun ajaran peserta. Diharapkan permainan ini dapat meningkatkan minat siswa dalam numerasi.

Upaya Meningkatkan Kemampuan Numerasi Anak-anak Desa Ngengor Bersama Mahasiswa KKN-T UNIPMA Kelompok 51

Kegiatan tersebut dilakukan pada Minggu, 15 Januari 2023,, dimulai pada pukul 07.30 WIB hingga pukul 10.30 WIB di halaman basecamp secretariat kelompok 51. Peserta terbagi menjadi 5 tim dengan 5 pendamping dari mahasiswa KKN kelompok 51. 

Created by: Mahasiswa KKN-T UNIPMA 2023 Kelompok 51

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline