Lihat ke Halaman Asli

Kuis 14 Kewirausahaan

Diperbarui: 10 Juni 2023   09:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Monica Aprillia

1. Data Demand atau permintaan usaha Toko Kelontongan adalah P = 42 - 5Q - Q^2 dengan tingkat harga keseimbangan adalah 6. Maka tentukan nilai lebih bagi pelanggan Toko Kelontongan Meruya Selatan tersebut, gambarkan bentuk kurva Toko Kelontongan tersebut.

Jadi, untuk menentukan nilai kelebihan bagi pelanggan Toko Kelontongan Meruya Selatan, kita harus mencari titik keseimbangan yang dimana permintaan yang sama dengan penawaran. Kita dapat melihat dalam persamaan permintaan yang diberikan, P adalah harga dan Q adalah jumlah barang yang diminta.

Dalam kasus ini, tingkat harga keseimbangan adalah 6, jadi kita bisa menggantikan P dengan 6 dalam persamaan permintaan. Karena permintaan dan penawaran sama tidak ada kelebihan atau kekurangan bagi pelanggan. Jadi, dalam hal ini tidak ada kelebihan bagi pelanggan Toko Kelontongan Meruya Selatan ketika tingkat keseimbangan harga adalah 6.

2. Tentukan nilai penjulan usaha Toko Bangunan berikut ini:

Laba: b/a + c/b + a/c = 2

Biaya : a/b + b/c + c/a = 5

Penjualan : a3/b3 + b3/c3 + c3/a3 = ?

Monica Aprillia

Jadi, untuk menentukan nilai penjualan usaha Toko Bangunan, kita harus menggunakan persamaan yang telah diberikan. Kita akan menggunakan metode substitusi untuk memecahkan kasus ini. Langkah pertama, dari persamaan biaya, kita dapat mengganti a/b, b/c, dan c/a dengan persamaan laba. Kemudian, ganti nilai-nilai tersebut ke persamaan laba. Lalu jumlahkan penyebut dan jadikan persamaan menjadi persamaan  tunggal. Setelah itu membandingkan koefisien persamaan  dan persamaan yang ada. Jadi, kita dapat menggantikan nilai-nilai tersebut dengan persamaan penjualan seperti gambar diatas.

3. Tentukan nilai penjulan usaha Caf Sambo berikut ini: P adalah Price, dan Q adalaha jumlah unit penjulan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline