Lihat ke Halaman Asli

K10_Porter's Generic Strategy

Diperbarui: 12 Mei 2023   09:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Robi Maulana

Strategi generic Porter's

Menurut Porter (2011), berpendapat bahwa strategi bersaing adalah pencarian posisi persaingan yang menguntungkan dalam suatu industri, arena fundamental dimana persaingan terjadi. Strategi bersaing bertujuan untuk menetapkan posisi yang menguntungkan dan berkelanjutan terhadap kekuatan-kekuatan yang menentukan persaingan industri. Keunggulan kompetitif pada dasarnya berkembang dari nilai yang mampu diciptakan perusahaan untuk pembelinya yang melebihi biaya yang harus dikeluarkan perusahaan.

Proposal Bisnis Warmindo and Black Chicken

Warung makan Indomie atau lebih sering di kenal sebagai Warmindo adalah salah satu kedai yang sudah tak asing lagi di telinga. Dengan makanan yang berbasis pada Indomie semua kalangan dapat menikmati dengan harga yang sangat terjangkau, dengan adanya konsep kekinian yang kami tawarkan akan menambah experience bagi para pelanggan. Di samping kami memadukan antara kearifan lokal dengan makanan yang kami tawarkan dengan resep tersendiri  yaitu black chicken Japanese yang unik tetapi mempunyai rasa yang lezat.

1. Strategi Kepemimpinan Biaya (cost leadership strategy)

Menjadi produsen barang dan jasa berbiaya rendah, atau membantu menurunkan biaya bagi pemasok dan pelanggan, sehingga pesaing memiliki biaya produksi yang lebih tinggi.
Dengan harga bahan baku yang terjangkau dan mudah maka kami pun menawarkan harga jual yang ramah kantong.

Harga Produksi  1 porsi Mie
 - Mie Instan:  Rp. 2800
 - Topping:  Rp. 1000 -- Rp. 3000 (tergantung banyaknya topping)
 - Oprasional:  Rp. 1500

Sehingga secara total minimal modal yang kami keluarkan dari 1 porsi adalah sekitar kurang lebih Rp. 7000  dan harga jual yang kami tawarkan adalah Rp. 10.000

Harga yang kami berikan ini sudah lebih murah dari harga dikebanyakan tempat, karena biasanya ditempat lain atau tempat yang selevel dengan tempat jualan kita, menjual indomie dengan harga 15 rb itu hanya indomie saja polos tidak memakai apa-apa.

Harga Produksi  1 porsi Rice bowl Black Chicken Japanese
 - ayam 1 Kg Fillet:  Rp. 40,000 ( perporsi digunakan 100 gr)
 - ayam fillet 100 gram:  Rp.  4000
 - Tepung black:  Rp.  2000
 - sauce:  Rp.  2000
 - nasi:  Rp.  3000
-  Oprasional:  Rp   5000

Sehingga secara total minimal modal yang kami keluarkan dari 1 porsi adalah sekitar kurang lebih Rp. 16,000  dan harga jual yang kami tawarkan adalah Rp. 25,000

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline