Lihat ke Halaman Asli

Monica Apriliyanti

saya adalah seorang mahasiswa

Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan dalam Memulai Karier Saat Pandemi

Diperbarui: 28 Juni 2021   21:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Sukses dalam berkarir adalah dambaan setiap Orang. Lebih lagi bagi para sarjana yang baru lulus atau mahasiswa di semester akhir , rata-rata mereka semua menginginkan karir yang bagus. 

Agar bisa memperoleh karir yang bagus kita perlu "Membangun dan Merancang" karir yang akan dijalani, karena memang karir yang bagus perlu dibangun dan rancang terlebih dahulu, agar jalan menuju karir yang didambakan berjalan dengan lancar dan mulus. Pada keadaan normal Kita memulai karir bukanlah hal yang sulit. 

Namun Bagaimana jika kita memulai sebuah karir pada masa ditengah-tengah pandemi covid-19 ini? kondisi inilah yang akan dibahas pada artikel pendek ini. Memang tidaklah mudah membangun karir ditengah pandemi sekarang ini. Bagi Anda para sarjana yang baru lulus di masa pandemi seperti sekarang ini, ada beberapa pilihan:

Anda bisa menunggu hingga pandemi mereda baru merancang karier, atau Anda tetap memulai karier meski di tengah-tengah pandemi. Naskah ini lebih banyak menyodorkan pilihan bahwa Anda sebaiknya tetap memulai karier meski di tengah situasi pandemi seperti ini.

Ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan, agar bisa mulai karier di masa pandemi covid-19. Di antaranya yakni:

  1. Mempersiapkan Kondisi Kesehatan Yang Kuat Bukan hanya pikiran dan perasaan saja, pandemi yang semakin parah membuat anda susah memulai karir. Hal tersebut bukan hanya menimbulkan stres saja, tetapi juga depresi, apalagi bagi seorang sarjana yang baru lulus atau mahasiswa disemester akhir yang baru memulai karir. Cara agar kita agar tetap sehat saat memulai karir adalah mematuhi protokol kesehatan (3M) yang telah ditetapkan, makan makanan yang bergizi, dan sempatkan waktu untuk berolahraga.
  2. Mempersiapkan Branding yang kuat Mengapa “branding” atau citra diri ini sangat penting bagi mereka yang ingin berkarier di masa pandemi ? Hal ini karena proses rekrutmen pegawai atau karyawan di masa pandemi, bisa jadi berbeda dengan kondisi biasa. Jika kondisi biasa seringkali proses rekrutmen pegawai dilakukan secara langsung, misalnya wawancara calon pegawai dilakukan dengan tatap muka secara langsung, maka di masa pandemi kondisinya akan lain. Proses rekrutment pegawai bisa jadi tidak ada tatap muka langsung, sehingga “branding” atau citra diri seseorang menjadi sangat menentukan. Bisa saja pihak HRD suatu perusahaan hanya melihat CV beberapa pelamar, dan yang memang sudah punya “citra diri” bagus langsung direkrut sebagai karyawan. Bagaimana cara meningkatkan “branding” atau citra diri ? Bisa dilakukan dengan penayangan sejumlah karya Anda lewat Youtube, Instagram, Twitter, facebook dan sejumlah medsos lain.
  3. Upgrade skill melalui kursus, webinar, seminar secara online Skill menjadi salah satu komponen penting yang wajib dipersiapkan untuk memulai karir. Zaman sekarang, skill menjadi salah satu pertimbangan utama bagi para HRD dalam merekrut karyawan. Bahkan bagi kamu yang ingin merintis usaha sendiri, skill juga merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang keberlangsungan usahamu. Ada banyak cara untuk upgrade atau mengasah skillmu, diantaranya adalah dengan mengikuti kursus, webinar, dan seminar. Ada banyak platform yang menawarkan kursus gratis, misalnya Coursera, Linkedin, RevoU, dan masih banyak lagi. Melalui platform-platform tersebut, kamu bisa mencari skill baru di bidang marketing, desain, kepenulisan, bahasa, dan sebagainya secara gratis. Kamu hanya akan membayar apabila ingin mendapatkan sertifikat penyelesaian. Namun tak jarang, ada juga kursus-kursus gratis yang menyediakan sertifikat, loh! Selain itu, ada banyak sekali seminar dan webinar yang mengusung topik mengenai keahlian tertentu. Misalnya, ”Mengatur Keuangan untuk anak muda”WORKSHOP”, dan sebagainya. Sehingga melalui seminar atau webinar yang singkat pun, skill kita bisa bertambah. Tentunya sobat Ruang Mahasiswa harus rajin-rajin praktik agar semakin jago, ya! Di samping itu, melalui kursus yang kita ikuti, biasanya kita akan mendapat kesempatan untuk ikut ujian sertifikasi. Nah, sertifikat hasil ujian ini akan menunjukkan tingkat keahlian kita di bidang tersebut. Hasil sertifikasi dapat kita lampirkan di CV dan menjadi bahan pertimbangan yang kuat bagi HRD.
  4. Mengembangkan relasi dan mencari kesempatan karir melalui media sosialTips yang satu ini mudah dan worth it untuk mempersiapkan karier kita lho, Instagram merupakan rumah bagi ribuan start up dan perusahaan untuk memposting berbagai macam informasi rekrutmen tenaga kerja maupun internship. Sehingga kita hanya perlu memfollow perusahaan-perusahaan di industri yang kita minati untuk mendapat informasi rekrutmen maupun sekadar mengenal lebih jauh perusahaan tersebut. Selain Instagram, platform khusus untuk jobseeker, seperti LinkedIn, Jobstreet, kormo Jobs, dan indeed akan sangat membantu kita untuk menemukan lowongan pekerjaan, tips-tips mengenai karier, hingga kursus-kursus untuk mengembangkan skill kita. Setiap harinya, ada ribuan lowongan pekerjaan baik full-time maupun part-time dan lowongan internship yang dapat kita lamar secara cepat melalui platform tersebut. Bahkan meskipun kita belum berniat untuk mencari kerja, platform ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan relasi kita. Kita bisa berkomunikasi dengan HRD maupun orang-orang yang berpengalaman di bidang karier favorit kita. Dengan begitu, insight kita mengenai karier dan pekerjaan pun akan bertambah.

Jadi, tunggu apalagi? maksimalkan media sosialmu untuk membangun karier, ya! Nah, itu tadi tips yang bermanfaat untuk mempersiapkan kariermu pada saat pandemi seperti ini. Jangan pernah sepelekan tips persiapan karier di atas, sobat.

Selain mempraktikkan tips di atas, jadilah seseorang yang percaya diri dan tidak takut tantangan agar kamu semakin berkembang, ya!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline