Lihat ke Halaman Asli

Monang Ranto Vaber Simamora

Suami dari seorang istri dan seorang gembala jemaat.

Tuhan Itu Esa

Diperbarui: 5 April 2022   06:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sarapanpagi.org

Seperti apakah konsep Tuhan dalam agama Kristen?  Secara sederhana artikel ini akan menjawab pertanyaan tersebut.

 

1. Tuhan adalah Roh

Alkitab dalam 2 Korintus 3:17 mencatat "Sebab Tuhan adalah Roh...". Demikian juga dalam Yohanes 4:24 menyebutkan "Allah itu Roh...". Hakekat Tuhan (yang diajarkan dalam Alkitab sebagai dasar iman Kristen) adalah Roh. Roh di sini tidak dibatasi oleh apapun dan yang tidak terbatas ini tidak memiliki wujud.

Wujud adalah sebuah bentuk yang dapat diketahui oleh panca indra. Karena Tuhan adalah Roh maka Dia tidak berwujud dan tidak dapat digambarkan oleh benda atau materi apapun di alam semesta.

Tuhan yang adalah Roh juga adalah pribadi. Ia adalah pribadi yang memiliki pikiran, kehendak dan perasaan. Itulah sebabnya kita melihat dalam Alkitab Tuhan berfirman, Dia berfirman tanda bahwa Dia memiliki "pikiran" (Yang Mahatahu).

Tuhan memerintahkan ini dan itu untuk ditaati dan melarang ini dan itu untuk tidak dilakukan tanda bahwa Tuhan memiliki kehendak. Dia juga dapat senang dan sedih bahkan hati-Nya bisa tersakiti, tanda bahwa Tuhan memiliki perasaan. Inilah Tuhan yang dicatat dalam Alkitab.

2. Tuhan menjadi manusia

Tuhan itu Maha Kuasa. Dengan kemahakuasaan-Nya tentu Dia dapat  menjadi manusia. Jika Tuhan tidak dapat menjadi manusia maka Dia bukanlah Tuhan yang Maha Kuasa.  Dengan menjadi manusia, Tuhan memperlihatkan kuasa-Nya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline