Lihat ke Halaman Asli

Momount dharmono

Relawan pramuka

Pelatihan Diver Rescue Aksi-PSS

Diperbarui: 6 Maret 2023   09:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Setelah usai kegiatan Sea Water Rescue bersama Polairud Polda Jateng dan BPBD Kota Semarang, saya langsung bergabung bersama rekan rekan di pelatihan Diver rescue nya AKSI-PSS di umbul Senjoyo Kabupaten Semarang, 25-26 Februari 2023.
Diver rescue berbeda dengan lisensi selam internasional dimana rescue Diver biasanya di level lanjutan, Di POSSI, rescue Diver adalah lisensi A3.  
Pelatihan ini menitikberatkan teknik pencarian korban hilang atau tenggelam di perairan yang tidak begitu dalam seperti sungai, danau, kubangan dll.
Tentunya skill nya harus menguasai teknik menyelam dengan baik terlebih dahulu. karena kunci dari semuanya adalah ketenangan saat berada di bawah air.

Teknik pertama yang dilatihkan adalah zero visibility, dengan cara menutup masker selam. teknik ini bertujuan agar kita terbiasa menyelam dengan pandangan terbatas karena kekeruhan air.
berikutnya adalah teknik straight rope dan circle pattern. dimana penyelam dihubungkan tali dengan asisten yang berada di permukaan untuk mengarahkan yang ada di bawah air.
tentunya ada kode yang harus disepakati untuk komunikasi antara atas dan bawah air.
kalo circle pattern, kedua penyelam berada di bawah air, kemudian melakukan pencarian memutar dengan patokan asisten penyelam sebagai anchornya. sedangkan penyelam satunya berkeliling melakukan pencarian korban.

materi pelatihan ini cukup padat, bahkan untuk istirahat makan pun dibuat bergantian karena tidak ada jeda kegiatan.
setelah semua melaksanakan praktek, materi dilanjutkan dengan penyelaman di air berarus lumayan deras. teknik ini dimaksudkan agar peserta siap apabila melakukan pencarian dibawah air dengan kondisi perairan berjeram dan berarus, tentunya disampaikan juga jenis2 jeram agar peserta memahami karakter arus sungai. selain agar peserta memiliki mental yang baik saat terhantam arus sungai.
teknik berikutnya melaksanakan teknik air flow
Yakni bernafas dengan memanfaatkan gelembung udara dari regulator.

setelah jeda istirahat sebentar kegiatan dilanjutkan dengan sesi night dive,
melakukan pencarian korban dimalam hari dengan menggabungkan semua metode yang sudah diajarkan sebelumnya.
peserta diminta memilih buddy/pasangannya masing masing untuk pelaksanaan simulasi tersebut.
disini peserta di kondisikan dengan situasi dimana banyak halangan dan rintangan saat melakukan pencarian di malam hari.
Namun dengan ketenangan dan komunikasi yang baik antara atas dan bawah, serta selalu berdampingan dengan buddy nya semua halangan dan tugas yang diberikan dapat dilaksanakan dengan baik oleh semua peserta.

Di akhir kegiatan, semua peserta dinyatakan lulus pelatihan Diver Rescue AKSi - PSS dan diberikan sertifikat dan brevet oleh Instruktur.
peserta kegiatan Diver Rescue Batch #3 ini adalah perwakilan dari BPBD dan Damkar Banjarnegara, GRI Temanggung, SAR DIY, DKC Banjarnegara, BPBD Kota Magelang, BPBD Propinsi Jateng, Saka Bhayangkara Kota Semarang, UNDIP, SarDog Jateng, BPBD Boyolali, Glagah Wangi Rescue, Batang Rescue, Gunungpati Peduli, MDMC Magelang, BPBD Demak dll




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline