Lihat ke Halaman Asli

Momon Sudarma

Penggiat Geografi Manusia

Kesiapan Mental Sebelum Berpisah dengan Anak di Boarding School

Diperbarui: 21 Juli 2024   14:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : kompas.com

Posisi penulis, sekedar menjadi penyimak. Penyimak sebuah nasihat yang disampaikan seorang pengelola Pesantren, pondokan dan juga Asrama Pendidikan. Beliau ini adalah pakarnya dalam bidang ini.  Pengajar di MAN IC Serpong, Pahruroji M. Bukhori, memberikan nasihat yang mendalam dan bernilai bagi orangtua siswa/santri.

Pada kesempatan itu, sejatinya, disampaikan dalam konteks untuk orangtua siswa dari Santri MAN IC Sumedang. Cukup banyak yang hadir saat itu. Kuli tinta, pemburu berita, pimpinan sekolah, pimpinan kementerian dan banyak pejabat lain yang terkait ada di lokasi.

Kebetulan, penulis menjadi salah satu diantara sekian orang yang mendapatkan waktu dan kesempatan untuk menyimak penjelasan itu. Beliau menuturkan, bahwa keberhasilan kita dalam memondokkan anak-anak di sebuah lembaga pendidikan berbasis asrama (boarding school), setidaknya perlu ada ijab qabul yang nyata, yaitu TITIP.

TITIP adalah konsep, yang sekaligus akronim. Disebut konsep, karena proses transaksi-amanah antara orangtua siswa dengan penyelenggara pendidikan, adalah proses ijab-qabul amanah. Amanah untuk membantu putra-putrinya meraih cita dan harapan yang ada dalam jiwanya. Oleh karena itu, santri atau siswa atau anak didik adalah titipan, bukan hanya titipan orangtua, tetapi juga titipan bangsa dan negara untuk menjaga keberlangsungan bangsa dan negara. Anak didik adalah titipan negara untuk masa depan kehidupan kita bersama. 

Lebih jauh dari itu, anak didik adalah titipan ilahi kepada orangtua, dan juga lembaga pendidikan. Sebagai sebuah titipan, maka orang yang dititipi, baik itu orangtua dan lembaga pendidikan, perlu dengan seksama menjaga amanah tersebut. Sebagai titipan ilahi dan bangsa serta negara, maka generasi muda ini, diharapkan akan menjadi kebanggaan orangtua,  masyarakat serta bangsa dan negara.

Dalam khutbah itu, konsep  TITIP pun dimaknai sebagai sebuah akronomi. Titip adalah akronim dari tega, ikhlas, tawakal, ikhtiari dan percaya.

T pertama, tega. Dalam kamus bahasa Indonesia, istilah tega, diartikan "tidak menaruh belas kasihan; tidak merasa sayang (kasihan dan sebagainya); tidak peduli akan nasib (penderitaan) orang; sampai hati".

Makna ini, terkesan dan mengesankan nilai yang kurang baik, atau negatif. Tetapi maksud dari prinsip ini, adalah kesanggupan untuk melepas-ketergantungan anak pada orangtua, atau melepas ikatan-pemanjaan orangtua pada anak. Sikap tega ini, dikemas dan dikembangkan dengan maksud untuk membangun keberanian untuk menjaga rasa dan hati, dalam melepas ikatan rasa kemanjaan dan pemanjaan demi kemajuan anak.

Bila saja selama ini, seorang ibu tidak tega melihat anaknya hidup sederhana, merapihkan kamar sendiri, berpeluh keringat dalam memenuhi kebutuhan dirinya, maka saat melakukan pemondokkan anak di boarding school, rasa tega ini harus muncul.

Seorang ayah harus tega, melihat anak kesayangannya berpeluh-peluh kerja bakti di tempat pendidikan. Seorang ibu harus tega, melihat anak kesayangannya harus berlelah-lelah mencari sesuap nasi dan mencuci pakaian, dan lain sejenisnya. Dalam konteks itulah, orangtua harus 'tega', demi membangun kemandirian dan kematangan mental anak-nya sendiri.

Pesan kedua, yaitu  I  singkatan dari ikhlas. Konsep ikhlas ini, bisa diterapkan kepada ke semua pihak. Orangtua harus ikhlas melepas anak belajar mandiri dan dikondisikan di pengelola pendidikan di pondokan. Seorang anak  pun harus ikhlas hidup jauh dari orangtua dan lepas dari bantuan fisik orangtua. Kemudian, tim pelayan pendidikan harus ikhlas memberikan layanan paripurna kepada putra-putri didikannya di lembaga pendidikan tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline