Lihat ke Halaman Asli

Momon Sudarma

Penggiat Geografi Manusia

Pikukuh Baduy: Huyunan

Diperbarui: 19 Februari 2024   05:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Huyunan Ala Baduy (sumber : inews.cirebon.id)

Huyunan

Terjemahan :

Berjalan beruntun seorang-seorang

(sumber : Mulyanto, dkk. 2014:7)

--o0o---

Gaya huyunan, adalah unik. Bagi kita yang tidak mengenalinya, dipastikan akan merasakan sebuah kekaguman, dan keindahan gerak dan perjalanan. Mereka bisa banyakan, bukan hanya satu atau dua orang, tetapi bisa puluhan. Namun, kenampakkan kelakuan yang ditampilkan sangat indah. Bukan saja rapih, tetapi juga tidak mengganggu perjalanan orang lain.

Di beberapa  kesempatan, kadang kita kesal, dan dibuat tidak nyaman, bila ada iringan manusia dengan jumlah tidak terhitung, terus mengambil jalan seenak sendiri. Bahkan, karena ada alasan acara sosial, mereka menghabiskan ruas jalan, seakan jalan miliknya sendiri. 

Wah, pokoknya di bikin kesal. Tetapi, apa yang dilaksanakan orang Baduy, suku asli dari tanah Banten ? ya, mereka melakukan teknik berjalan dengan adat huyunan.

Manfaat dari jalan huyunan, selain tidak mengganggu hak jalan orang lain, juga meminimalisir antar peserta jalan untuk berbicara. Oleh karena itu, tradisi ini memiliki manfaat, dapat meningkatkan efektivitas jalan, dan ruas jalan, sehingga  para pejalan bisa cepat sampai ke tujuan.

ilustrasi Huyunan (sumber : pribadi, bing.com) 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline