Lihat ke Halaman Asli

Analisa Makro Mikro dalam Analisa Pasar

Diperbarui: 25 Juni 2015   22:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Analisa pasar diperlukan oleh setiap perusahaan dan bisnis untuk mencari peluang dalam pasar. Pasar tidak hanya diartikan sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual, dalam hal ini pasar bisa diartikan sebagai masyarakat yang memiliki potensi membeli. Karena lebih berfokus pada definisi konsumen, maka pasar memiliki jenis-jenis sendiri tergantung dari golongan, tipe, dan demografi konsumen. Analisa pasar lebih memfokuskan cara melihat bagaimana kita menghandle konsumen, menyesuaikan produk untuk konsumen, dan membuat deskripsi serta segmentasi produk untuk konsumen golongan tertentu. Hal ini diperlukan untuk membuat bisnis atau produk Anda laku keras dan tepat guna. Nah dalam analisa pasar juga dikenal teknik analisa makro dan mikro. Analisa makro memperhitungkan dan meneliti segala faktor yang berasal dari lingkungan pasar yang akan dipasarkan. Misalnya Anda ingin menjual produk air minum dalam kemasan seperti teh botol. Nah, analisa makro untuk barang ini akan difokuskan pada demografi penduduk bagaimana trend minum teh botol dan motif konsumen, selain itu faktor lain yang berpengaruh adalah kebijakan serta undang-undang kesehatan. Anda juga harus melihat apa yang mendominasi lingkungan pasar untuk teh kemasan. Aspek sosial dan budaya masyarakat juga bisa diteliti. Misalnya budaya masyarakat jawa yang lebih memilih membeli minuman teh dibandingkan dengan soda. Dalam analisa pasar dengan melihat faktor mikro, maka Anda harus melihat masuk ke dalam lingkup yang paling spesifik yaitu perusahaan Anda sendiri. Analisa makro membantu Anda melihat faktor yang mempengaruhi usaha Anda dilihat dari hal-hal yang berada dekat dengan perusahaan, seperti konsumen, supplier, internal rivalry, dan produk pengganti. Persaingan internal industry ialah melihat berbagai macam produk dari perusahaan berbeda yang juga bergerak dengan industry yang sama dengan Anda. Jangan pernah sekalipun Anda berhenti melakukan analisa pasar, tidak peduli sesukses dan sebesar apa perusahaan atau bisnis Anda. Ingat, pasar itu dinamis, berkembang, dan sangat rekatif oleh karenanya keadaan pasar tahun ini dengan tahun kemarin bisa berbeda sangat jauh. Dengan analisa pasar Anda bisa memantapkan kesuksesan usaha Anda sambil terus mencari peluang pengembangan usaha dan pengembangan produk Anda.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline