Lihat ke Halaman Asli

Firsty Ukhti Molyndi

Blogger | Korean Enthusiast | Cerebral Palsy Disability Survivor

Mengintip Pasar Dadakan Pagi Hari di Sumsel Mengaji

Diperbarui: 4 Juni 2018   14:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: dok. Pribadi

Nama lain dari Pasar dadakan di Kota Palembang ialah pasar bedug atau pasar kaget. Muncul pada saat bulan puasa dari sore hingga menjelang maghrib. Biasanya menjual aneka penganan kuliner untuk berbuka puasa. Tapi bisa juga aneka barang lain yang sesuai dengan kebutuhan di bulan puasa.

Seperti tadi pagi, Molzania pergi ke pasar dadakan yang diselenggarakan dalam rangka Events Sumsel Mengaji yang merupakan event puncak dari Olimpiade Pecinta Qur'an (OPQ) 2 Wilayah Sumatera selatan. OPQ sendiri ialah seleksi pemuda pecinta Qur'an yang terdiri dari 3 cabang lomba; yaitu tahfidz, tilawah, tafsir. Peserta terdiri dari anak-anak dan pemuda, baik akhwat maupun ikhwan.

Lokasi kegiatan berada di Masjid Ar-Raiyyah Gedung DPRD Sumsel. Disini pasar dadakannya diselenggarakan pada pagi hari dikarenakan acaranya juga berlangsung pada saat yang sama. Ini cuma masalah waktu, gengs? Santai..

Masih pagi masih pada beres-beres. Source: dok. Pribadi

Ada lebih kurang total 7 stand yang beroperasi. Produk yang dijual bermacam-macam. Dari mulai kuliner, kosmetik, buku hingga fashion. Ada pula stand yang menawarkan jasa umroh dan haji. Tak ketinggalan stand One Day One Juz (ODOJ) yang cetar membahana badai.

Kenapa demikian? Soalnya stand ODOJ paling hip diantara stand-stand lainnya. Disini kita menjual merchandise resmi ODOJ Sumsel. Terdiri dari pernak-pernik musllim dan muslimah juga buku-buku islami.

Buat yang belum tahu apa itu ODOJ, itu semacam komunitas pecinta Qur'an dan rajin tilawah setidaknya 1 juz per hari. Konon saat ini jumlah peserta yang telah bergabung mencapai ratusan ribu orang. Di Palembang sendiri sudah ada ratusan ODOJers yang tergabung dalam satu akun WhatsApp.

Merchandise resmi ODOJ Sumsel. Source: Dok. Pribadi

Tapi kita disini nggak membahas ODOJ maupun OPQ 2. Hal itu akan Molzania bahas pada segmen lain. Dikarenakan event OPQ 2 Sumsel berlangsung selama 2 hari, maka pasar dadakannya didirikan selama 2 hari pula. Sewaktu Molzania datang kesini, pasarnya belum rame alias masih baru pada buka. Maklum acara Sumsel Mengaji baru mulai pukul 10-an. Sementara Molzania datang kesini pukul 7.30 pagi. Hehee..

Panitia Merchandise Siap Beraksi. Source: dok. Pribadi

Akhir kata, semangat berwirausaha ya gengs, semoga jualanannya laku semua :D



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline