Lihat ke Halaman Asli

Mokhamad Yaurizqika Hadi

Bukan siapa-siapa dan tidak berprofesi sebagai apa-apa

Istana Negara RI Disulap Menjadi Kantor Desa di Kabupaten Jember

Diperbarui: 6 Juni 2022   09:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Istana Negara Republik Indonesia yang terletak di Jalan Veteran dan menghadap ke Sungai Ciliwung. Istana ini membelakangi Istana Merdeka yang menghadap ke Taman Monumen Nasional dan dihubungkan oleh Halaman Tengah. Lingkungan Istana Negara meliputi beberapa bangunan lain, yaitu Kantor Presiden, Wisma Negara, Masjid Baiturrahim, dan Museum Istana Kepresidenan. namun, siapa sangka kalau Istana Negara dalam foto ini tidak berada dilokasi yang semestinya, akan tetapi berlokasi di Kabupaten Jember. tepatnya di Desa Kemuningsari Kidul Kecamatan Jenggawah.

Istana Negara ini ini merupakan bangunan kantor desa yang disulap menyerupai gedung istana negara RI. lokasi dari kantor desa ini terletak ditengah persawahan dan tidak pernah sepi dari pengunjung yang sekerdar datang hanya bersua foto. pengunjung yang datang tidak hanya dari dalam desa, akan tetapi dari luar desa Kemuningsari Kidul, bahkan beberapa pengunjung juga berasal dari luar kota yang datang hanya untuk mengabadikan foto berlatarkan kantor desa yang bergaya istana negara ini. buat kalian yang ingin berfot seakan-akan sedang berada di istana negara, lokasi ini sangat cocok dong untuk dijadikan tujuan kunjungan kalian :D.

Pembangunan kantor desa bergaya istana negara ini membutuhkan waktu sekitar empat tahun masa pembangunannya. dibangun sejak tahun 2014 dan selesei pada tahun 2018 serta dibuka untuk umum bagi siapapun boleh mengunjungi kantor desa ini. selama masa pembangunan, pemerintah desa telah mengeluarkan dana yang tidak sedikit sekitar Rp. 1,8 Miliar untuk menghasilkan bangunan yang mirip dengan aslinya ini. hingga foto ini diambil proses pembangunan terus dilakukan. menurut beberapa informasi bahwa pada saat foto ini diambil progress pembangunan masih sekitar 75%. kedepan pada sisi kanan dan kiri gedung ini akan dibangun gerbang melingkar sehingga kendaraan yang masuk akan langsung bisa memutar dar pintu masuk menuju pintu keluar.

Untuk menambah sensasi seakan-akan berkunjung ke istana negara yang sesungguhnya sebaiknya datang pada bulan agustus karena kantor desa bergaya istana negara ini juga dihiasi beberapa ornamen (bendera, umbul-umbul dan atribut lainnya) dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan. untuk mendapatkan hasil foto yang bagus juga disarankan datang diluar jam kerja, karena jika pada jam kerja tentu sulit untuk mendapatkan backround foto  yang bagus karena aktifitas kerja dikantor desa tersebut. disarankan juga datang lebih bagi karena jika pada siang hari dan sore hari kantor desa ini akan banyak sekali masyarakat umum yang datang untuk mengabadikan foto atau hanya sekedar bersantai menikmati sejuknya udara persawahan sembari memandatang kemegahan istana negara versi kantor desa Kemuningsari Kidul Kabupaten Jember ini. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline