Lihat ke Halaman Asli

Mohammad Faiz Attoriq

Kontributor lepas

Resensi Novel 'Ay-Lin', Karya dengan Cerita Unik

Diperbarui: 5 Maret 2023   10:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sampul novel 'Ay-Lin'. (Foto: Dokumen pribadi)

Identitas 
Judul: Ay-Lin
Penulis: Dee (@dejeunii)
Genre: Romance
Kategori: U 15+
Halaman: 260 halaman
Dimensi: 21 x 14 cm
ISBN: 978-623-5266-06-0
Penerbit: Cloud Books - Depok
Cetakan: Pertama, Juni 2022

Tentang 'Ay-Lin'
Judul novel 'Ay-Lin' diambil dari gabungan dua tokoh utama yang memiliki konflik yang sama, yaitu Ayaz sebagai tokoh utama pria dan Celine atau Lin sebagai tokoh utama wanita.

Novel romance ini menceritakan konflik Lin yang harus menghadapi perjodohan yang tidak terduga, melalui wasiat dari seorang perempuan tua yang sempat ditolongnya.

Wasiat tersebut berupa permintaan seorang nenek tersebut agar menikahkan salah satu cicitnya dengan Lin yang telah membantu nenek tua tersebut.

Cicit tersebut adalah Ayaz, pria dengan gaya bahasa kaku dan cenderung lebih kalem dari Lin sendiri.

Berbagai upaya penolakan telah dilakukan oleh perempuan tersebut karena selama hidupnya tidak pernah berpacaran karena larangan orang tuanya.

Apakah berhasil? Akhir cerita novel akan diketahui apabila telah memiliki karya sastra tersebut di berbagai toko buku atau online marketplace.

Poin yang menarik
Novel 'Ay-Lin' mengusung cerita yang out the box, yaitu perjodohan yang tidak terbayangkan oleh kebanyakan orang pada umumnya.

Jika perjodohan dimulai dari berpacaran atau dijodohkan antar keluarga sudah biasa, 'Ay-Lin' malah mengisahkan perjodohan karena wasiat mendiang nenek buyut.

Bahkan, mendapatkan jodoh wasiat nenek buyut belum pernah ada dalam karya sastra mana pun, bahkan di dunia nyata sekali pun.

Jalan cerita sangat mudah dipahami dengan bahasa-bahasa yang kekinian, misal saja bestie yang mulai marak belakangan, persis saat novel ini diterbitkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline