Lihat ke Halaman Asli

Filsafat Tao 1

Diperbarui: 25 Juni 2015   20:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

1.Tao berarti cara/bagaimana

Tao berarti bagaimana/cara:bagaimana/cara sesuatu terjadi,bagaimana sesuatu bekerja. Tao adalah prinsip tunggal yang mendasari semua ciptaan. Tao adalah tuhan.

Tao tidak dapat didefinisikan, sebab sebab ini berlaku pada segalanya. Anda tak dapat mendefinisikan sesuatu di dalam istilahnya sendiri. Jika anda dapat mendefinisikan sebuah prinsip. Ini bukanlah tao. Tao adalah sebuah prinsip. Dilain pihak , ciptaan adalah sebuah proses . demikianlah semuanya: prisip dan proses ,bagaimana dan apa.

Menurut tao semua ciptaan terungkap. Tidak ada jalan lain. Tao tidak bisa didefinisikan tetapitetapi bisa diketahui. Metodanya adalah meditasi ,atau menghayati apa yang terjadi . dengan menghayati apa yang terjdi,say mulai mengetahui bagaimana hal ini terjadi. Saya mulai memahami tao.

Untuk memahami apa yang terjadi, saya harus mencurahkan perhatian dengan pikiran terbuka. Sayaharus membuang prasangka atau bias. Dengan prasangka orang hanya melihat apa yang sesuai dengan prasangka tersebut.

Metoda meditasi dapat berjalan,karena prinsip dan prosesnya , tidak bisa dipisah-pisahkan. Semua proses menyatakan prinsip dasarnya. Ini berarti bahwa saya bisa mengetahui tao. Saya dapat mengetahui Tuhan.

Dengan mengetahui tao, saya mengetahui bagaimana sesuatu terjadi.


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline