Lihat ke Halaman Asli

Mohammad Setiawan

Karyawan Sawasta

Ingin Bisnis Lancar, Godalah Konsumen dengan Produk Anda!

Diperbarui: 6 Juli 2024   09:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Bisnis adalah bagaimana menjual barang atau jasa yang kita produksi atau yang kita miliki. Suatu bisnis akan berjalan maju kalau kita bisa menjual barang atau jasa yang kita jual. 

Disinilah ilmu marketing mulai berperan penting dalam perputaran bisnis yang mempunyai banyak pesaing. Tahap inilah yang paling krusial untuk menentukan apakah suatu bisnis akan berkembang atau gulung tikar, karena keberhasilan menjual barang / jasa , perusahaan akan memperoleh cash flow dan sekaligus keuntungan atau laba yang berhasil diperoleh.

Dalam dunia marketing konsep marketing mix adalah konsep yang paling mendominasi dalam dunia bisnis sekarang ini. Marketing Mix memastikan pilihan produk yang tepat, di waktu dan tempat yang tepat, juga dengan harga yang tepat. 

Selain marketing mix yang secara teoritis mengajarkan cara berjualan , ada suatu hal yang perlu dilakukan oleh marketing atau perusahaan adalah bagaimana membuat barang/produk/jasa --nya bisa " menggoda " calon pembeli atau konsumen. 

Menggoda memiliki banyak arti dan kegunaan. Menggoda dapat menimbulkan banyak macam efek, tergantung pada cara penggunaannya dan efek yang diinginkan. 

Salah satu definisi " Menggoda " dalam kaitannya dengan dunia marketing adalah memiliki daya tarik yang kuat, menarik, memberikan harapan, membuat rasa penasaran dengan godaan yang terus menerus yang intinya adalah untuk mengajak pembeli untuk melakukan pembelian terhadap barang/produk/jasa yang menggoda. Godalah Pembeli secara agresif tetapi bersifat positif dengan produk produk yang menarik dan berbeda penampilan dengan pesaingnya.

Produk harus bersifat kompleks, yang didalamnya termasuk kemasan, harga , prestise perusahaan dan pelayanan jasa perusahaan yang bisa diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan dan kebutuhannya. 

Dalam persaingan di era modern sekarang ini, produsen /perusahaan harus menambah lagi fitur promosi atau periklanan yang bisa memberikan kesan menggoda pembeli untuk segera memiliki barang/produk/jasa. Kombinasi antara Produk dengan promosi akan menciptakan jalur penyampaian pesan "  menggoda " kepada konsumen. Beberapa contoh barang atau jasa yang bisa menggoda konsumen untuk membelinya karena terus digoda , adalah :

Produk Mie Instant. Produsen seperti merk Indomie, Mie Sedap merupakan produsen mie instan yang cukup agresif dalam menawarkan produk yang menggoda selera konsumen. 

Mie Instan tidak hanya sebagai pengganjal perut tetapi sekarang sudah menjadi makanan yang perlu dicoba untuk dimakan, karena banyak jenis rasa yang ditawarkan oleh produsen mie instan seperti Mie Rasa Bakso, Mie Rasa Soto, Mie Rasa Rendang, Mie Rasa Sambail Ijo sampai Mie Level Pedas. 

Beraneka ragamnya jenis rasa mie instan tentunya benar benar sangat menggoda rasa penasaran ingin mencoba makan mie instan bagi para konsumen. Produksi dan promosi mie instant sangat berhasil dalam menjalankan bisnisnya karena hampir setiap orang pasti akan mencoba makan mie instant karena rasa penasaran jenis mie yang sangat beraneka ragam dan tentunya sangat menggoda konsumen untuk membelinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline