Lihat ke Halaman Asli

Pendidikan-Transformasi : Komunitas Adat Era Digital Pasca Pandemi

Diperbarui: 15 September 2023   16:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tim Penelitian Universitas Negeri Malang melakukan pengumpulan data penelitian terkait Pendidikan dan Transformasi Sosial Budaya Komunitas Adat di Era Digital Pasca Pandemi kepada masyarakat Kabupaten Karimun, KEPRI pada Kamis, 22 Juni 2023 -- Minggu, 25 Juni 2023.

Masyarakat Karimun merupakan masyarakat adat namun memiliki sejarah perkembangan unik yang berkaitan dengan hubungan perdagangan dan kehidupan nelayan di wilayah perbatasan, serta jalur migan dimana pengungsi dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari legal sampai illegal masuk ke mancanegara di era digital ini.

Pendidikan menjadi salah satu cara yang dapat digunakan untuk pengembangan wilayah perbatasan di era global yang dilakukan secara berkelanjutan. Terutama untuk wilayah perbatasan seperti Karimun yang masih relative lambat dalam perkembangannya yang dapat berkembang secara berkelanjutan.

Ketua Tim Penelitian Bapak Drs. Nur Hadi, M.Pd, M.Si, menyampaikan bahwasanya pengembangan wilayah perbatasan perlu diperkuat dan dan dikembangkan dengan pendekatan kesejahteraan agar dapat dikelola dan dikembangkan secara berkelanjutan.

"Banyak negara yang telah mengubah orientasi politik perbatasannya dari hard border policy ke soft border policy, atau pendekataan keamanan ke pendekatan kesejahteraan untuk meningkatkan ketahanan wilayah perbatasan. Harusnya bisa dilakukan pengembangan lebih lanjut, salah satunya dengan pendidikan pengembangan wilayah perbatasan di era global saat ini apalagi pasca pandemic yang melanda Indonesia dan negara-negara di dunia bebeapa tahun belakang," ungkap Ketua Tim Penelitian dalam sambutannya.

Untuk itulah, penelitian ini dilakukan untuk dapat memberikan penjelasan yang konkret terkait latar belakang, faktor yang melatarbelakangi dan menyebabkan kondisi perkembangan pendidikan formal yang ada pada komunitas adat, dan peran berbagai pihak terkait yang ada di lingkungan sekolah, terutama dalam hal peningkatan kualitas program pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, serta keadaan transformasi sosial dan kecenderungan di masa depan pasca pandemik.

Berikut tema dalam penelitian ini juga didasarkan pada Rencana Induk Riset Nasional dan Renstra Penelitian Universitas Negeri Malang 2020 -- 2024, dengan Bidang Unggulan Pendidikan, Pembelajaran, Penguatan Karakter, dan Kearifan Lokal, Berbasis Kewilayahan dan Pembangunan Berkelanjutan.

Maka dari itu, penelitian ini dilakukan sebagai salah satu langkah untuk memperoleh informasi dan data valid, serta masukan dan ide-ide dari masyarakat sebagai bahan diskursus oleh berbagai masyarakat di perbatasan lainnya. Selain itu juga, dengan pendekatan etnografis yang dilakukan oleh tim peneliti diharapkan dapat menemukan permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sosial Komunitas Adat, Masyarakat Kabupaten Karimun, KEPRI.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline