Lihat ke Halaman Asli

Digitalisasi Pendidikan Sebagai Bekal Pelatihan Pengetahuan dan Keterampilan Masyarakat Desa Mulyorejo

Diperbarui: 13 September 2023   21:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang pada Sabtu (10/06) melakukan kegiatan pengabdian berupa Pelatihan terhadap penggunaan teknologi untuk UTBK di Desa Mulyoarjo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kegiatan pelatihan penguasaan teknologi untuk UTBK (Ujian Tes Berbasis Komputer) kepada masyarakat di desa Mulyoarjo ini dilakukan dalam rangka digitalisasi pendidikan dengan tujuan agar masyarakat desa memiliki bekal penguasaan pemahaman dan keterampilan yang berkualitas terhadap dunia digital terlebih dalam bidang pendidikan.

Sebelum dilakukan kegiatan pelatihan, tim pengabdian melakukan observasi terlebih dahulu untuk menyamakan presepsi tentang informasi yang ada dalam konsep dan gambar kerja, lalu melakukan FGD dengan tanya jawab dan berdiskusi bersama masyarakat untuk saling memahami dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan pengembangan produk. Selanjutnya, melakukan praktek yang melibatkan aktifitas antara tim pengabdi dan masyarakat yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini. Dan, tahap terakhir dalam kegiatan digitalisasi pendidikan ialah tim pengabdi bersama masyarakat melaksakan demonstrasi untuk memperjelas langkah-langkah pelatihan yang telah dilalui mulai dari persiapan operasional, pasca operasional, dan hasil yang diperoleh.

Digitalisasi yang terjadi saat ini membawa perubahan-perubahan dalam berbagai bidang dan aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Adanya dampak pandemic covid-19 yang terjadi selama lebih dari dua tahun membuat segala aspek kehidupan tak luput dari kesulitasn, salah satunya pada aspek pendidikan yang dialami oleh anak-anak. Besarnya harapan dari masyarakat desa Mulyoarjo untuk menguasai dunia digital membuat tim pengabdi memutuskan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang digitalisasi pendidikan melalui pembinaan dan pelatihan yang intens.

Kepala Desa Mulyoarjo, Bapak Rokhim pada Sabtu (10/06) menyampaikan rasa terima kasih atas kegiatan positif yang dilakukan oleh Tim Abdimas UM memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang digitalisasi pendidikan melalui pembinaan dan pelatihan.

"Dengan adanya pembinaan dan pelatihan ini diharapkan mampu memberikan semangat kepada masyarakat untuk maju dan terjun dalam dunia digital yang dapat membawa perubahan hidup maju bagi masyarakat, sehingga ke depannya tidak kesulitan lagi dalam pendidikan yang terdigital”. Tuturnya.

Kegiatan Digitalisasi Pendidikan di Desa Mulyoarjo (10/06) ini juga turut dihadiri langsung oleh ketua Pelaksana yakni Bapak Drs. Edi Suhartono, S.H., M.Pd yang menyampaikan bahwasanya meningkatkan penguasaan dalam bidang digital merupakan suatu hal yang harus dimiliki oleh masyarakat, terlebih kita di bidang pendidikan ini. Langkah ini menjadi salah satu langkah awal untuk membuat perubahan signifikan yang bisa membantu masyarakat terlebih anak-anak berkembang menuju lebih baik agar dapat berinovasi dan mendukung perkembangan pendidikan di Indonesia. Juga dari adanya kegiatan pembinaan dan pelatihan ini, diharapkan mampu membantu masyarakat terutama anak-anak yang bersekolah di desa Mulyoarjo untuk mengasah dan menguasai IT agar segala aktifitas kehidupan, terutama dalam aspek pendidikan juga tidak mengalami kendala yang berarti.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline