Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UMUS : Ciptakan Barcode Scanner Cerita Dongeng melalui Literasi Digital

Diperbarui: 4 Februari 2025   22:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi 1

Senin (3/2/2025) Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahap II Tahun 2024 di Universitas Muhadi Setiabudi Brebes (UMUS) menciptakan inovasi baru dalam hal minat baca. Inovasi tersebut dibuat dengan memanfaatkan teknologi pada era digital saat ini.

Minat baca dilakukan melalui penciptaan sistem Barcode Scanner untuk mengenali cerita dongeng yang merupakan sebuah cerita rakyat yang fiktif atau khayalan dengan tema-tema imajinatif dan sering tidak masuk akal. Meskipun hanyalah cerita khayalan, cerita dongeng tetap menjadi hiburan yang menyenangkan dan memberi banyak dampak positif bagi yang mendengarkan/membacanya karena memuat banyak pesan moral.

Dari Barcode ini, satu kali klik di Google Lens maupun di aplikasi Barcode Scanner dapat langsung muncul informasi tentang bacaan cerita dongeng. Dalam website tersebut terdapat 30 kumpulan dongeng profil pelajar pacasila yang memuat beberapa tema disertai judul. Melalui dongeng-dongeng yang dibacakan setiap hari, diharapkan anak bisa belajar nilai-nilai kebaikan dan mewujudkan sosok profil pelajar Pancasila. Dongeng adalah media yang menyenangkan, melalui dongeng anak-anak dapat berimajinasi, berkreasi, dan berpikir kritis.

Penanggung jawab program, Mala Olivia mengatakan “program ini merupakan program lanjutan dari melestarikan budaya minat baca era digitalisasi. Selain itu, pemanfaatan era digital yang direalisasikan dalam pembuatan Barcode Scanner bertujuan sebagai ajang menambah wawasan siswa-siswi melalui literasi digital terkini”.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mengungkapkan program minat baca melalui Barcode Scanner sebagai inovasi yang memudahkan literasi siswa-siswi dalam menambah wawasan tentang cerita dongeng. Beliau menambahkan telah dilakukan koordinasi dengan kepala sekolah dan siswa-siswi kelas VI di SDIT Ahmad Yani Brebes. Siswa-siswi merasa terbantu dengan ide mahasiswa KKN Tahap II UMUS, sebelumnya siswa-siswi tidak mengetahui fungsi dan kegunaan Barcode Scanner yang memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan minat baca. Jadi, dengan adanya perkembangan teknologi maka Barcode Scanner menjadi salah satu upaya dalam peningkatan literasi digital sehingga menambah daya tarik dan edukasi siswa.

Program ini dibuktikan dan diuji coba secara langsung oleh kepala SDIT Ahmad Yani Brebes, Ibu Liza Afriyanti, S.Pd.I dan disaksikan oleh guru SDIT Ahmad Yani Brebes.

Penulis : Mala Olivia

Dokumentasi 2

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline