Lihat ke Halaman Asli

Bahasa

Diperbarui: 17 Juni 2015   15:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Bahasa, menurut para psikolog kognitif, adalah suatu sistem komunikasi yang di dalamnya pikiran-pikiran dikirimkan (transmitted) dengan perantaran suara (sebagaimana dalam percakapan) atau simbol, (sebagaimana dalam kata-kata tertulis atau isyarat-isyarat fisik). Bahasa adalah sarana utama komunikasi manusia, cara pertukaran informasi yang paling lazim. Pemrosesan bahasa adalah sebuah komponen penting dalam penyimpanan pemrosesan informasi (information processing storage), berpikir, dan pemecahan masalah.

Bahasa adalah elemen penting dalam sebagian besar aktivitas manusia, meliputi komunikasi, berpikir, dan penginderaan. Manusia mengetahui banyak sekali kata, sekitar 60.000 kata yang berbeda tersimpan dalam kamus verbal kita. Apa manfaatnya jika kita hanya memiliki kata-kata, meskipun banyak jumlahnya, untuk mengekspresikan pikiran kita? Kita juga perlu mengetahui rules of sequencing ( peraturan yang mengatur urutan bentuk kata kerja menurut waktu, misalnya kata sekarang, kata terdahulu, dan kata kedepan) sehingga kita dapat menyampaikan ide-ide kita ke orang lain.

Kata-kata dapat digabungkan menjadi berbagai kombinasi, sekalipun untuk menyampaikan ide yang sama. Secara teknis, studi tata bahasa(grammar) mencakup area fonologi(phonology), yakni ilmu yang mempelajari kombinasi suara-suara dalam suatu bahasa; morfologi (morphologi), yakni ilmu yang mempelajari kombinasi potongan-potongan kata dan kata-kata itu sendiri sehingga menjadi unit-unit yang lebih besar; dan sintaksis (syntax), yakni ilmu yang mempelajari kombinasi kata-kata sehingga menjadi frase dan kalimat.

Studi-studi neurologis awal yang dilakukan broca dan Wernicke menemukan keberadaan pusat-pusat pemrosesan di korteks, terutama berpusat di hemisfer serebral kiri, yang terlibat dalam produksi percakapan dan pemahaman bahasa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline