Lihat ke Halaman Asli

Mohammad iqbal dwi

Berkuliah di universitas PANCASAKTI TEGAL

AI Versus Desain Grafis

Diperbarui: 30 Juni 2024   13:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

PENDAHULUAN 

Teknologi merupakan suatu kebutuhan bagi umat manusia. Dengan adanya teknologi, manusia dimudahkan dalam berbagai hal. Penggunaan teknologi oleh umat manusia diawali dengan adanya pengubahan sumber daya alam menjadi berbagai macam alat-alat sederhana. Istilah teknologi sendiri berasal dari perpaduan dua kata, yaitu techne dan logos. Kata techne dalam bahasa Yunani memiliki arti keterampilan sedangkan logos berarti ilmu.

Memasuki era 1950-an, muncullah John McCarthy, Marvin Lee Minsky, Herbert Alexander Simon, Allen Newell, dan Edward Albert Feigenbaum yang mulai merumuskan istilah AI pada 1956 di pertemuan di Dartmouth. Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah simulasi kecerdasan manusia yang diterapkan ke dalam sistem komputer atau perangkat mesin lain. Pada masa sekarang AI dapat ditemukan dimana mana mulai dari website hingga berbentuk aplikasi. Fungsi AI pun kini beragam, salah satunya adalah desain grafis. contoh web dan aplikasi AI untuk deasain grafis seperti bing.ai, canva, firework , bahkan hingga aplikasi basic seperti potoshop. Selain efisien adanya AI juga dapat bekerja tanpa kelelahan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai perkembangan AI untuk para desainernya 

METODE PENELITIAN 

 Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis kasus ini adalah. didasarkan pada fakta bahwa media tersebut pernah menjadi viral di masyarakat. Dalam proses analisis, pemirsa dapat meninjau karya seni dari aspek eksternal dan internal. 

Analisis Formal

pada tahap ini dapat melakukan penilaian dan menghubungkan berbagai elemen bentuk yang tersirat didalamnya. Pada proses ini melibatkan penarikan kesimpulan mengenai arti dan makna yang terkandung dalam kesinambungan antara elemen-elemen tersebut. 

Interpretasi  

Tahap analisis berikutnya adalah interpretasi, interpretasi diketahui sebagai sebuah proses pemberian pendapat atau kesan, gagasan ataupun pandangan secara teoritis pada sebuah objek tertentu yang berasal dari ide yang mandala

PEMBAHASAN

Kecerdasan buatan telah berkembang dengan pesat, bahkan menurut Syaifa Tania, S.I.P., M.A, selaku Dosen Ilmu Komunikasi universitas GAJAH MADA “AI kalau kita bayangkan dulu itu jauh ya dengan sekarang. Kalau dulu itu kita bayangkan AI sangat canggih hingga tidak semua orang bisa menggunakan. Tapi sekarang justru AI sudah menjadi bagian dari hidup kita. Tentunya di samping kapabilitasnya, ada berbagai tantangan yang muncul,”

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline