Lihat ke Halaman Asli

Mohammad Faiz

Mahasiswa

KKNdik Pendidikan Ekonomi FKIP Uhamka, Pengimplementasian catur dharma perguruan tinggi

Diperbarui: 11 Maret 2022   21:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan Ekonomi  FKIP UHAMKA secara serentak menyelenggarakan kegiatan KKN untuk para mahasiswanya. KKN ini merupakan salah satu mata kuliah non-klasikal yang ada di prodi Pendidikan Ekonomi. Program studi membebaskan para mahasiswanya untuk memilih tempat untuk dilaksanakannya KKN ini. Tetapi, prodi membagi jenis/tema kegiatan KKN ini ke bebrapa bagian, seperti pendidikan, ekonomi dll.  Yang dimana dari pembagian tema ini dikerucutkan kembali menjadi sub-tema sesuai dengan mahasiswa. Pihak prodi pun menyarankan untuk para mahasiswanya melaksanakan kegiatan KKN ini dilingkungan sekitar rumahnya. Hal ini bertujuan agar setidaknya para mahasiswanya mengenal lingkungannya dan berkontribusi untuk lingkungan tempat tinggalnya.

Salah satu contoh mahasiswa yang melaksanakan KKN dilingkungan sekitar rumahnya adalah yang dilakukan Ainia Aminah dan M. Faiz. Mereka berdua melaksanakan KKN di TPA Al-Ikhlas yang berlokasi tak jauh dari rumah Ainia. “Pemilihan TPA A-Ikhlas didasari dengan intruksi yang diberikan oleh prodi untuk melaksanakan KKN di lingkungan sekitar tempat tinggal. Maka dari itu, sesuai dengan kampus kami yang bernuansa Islami, maka kami memilih TPA Al-Ikhlas sebagai tempat pelaksanaan KKN ini” Ucap Ainia. Lalu, M. Faiz turut menambahkan “KKN ini kami lakukan sesuai dengan intruksi prodi. Kami tertarik untuk mengajar di TPA ini karena kami ingin membantu TPA ini untuk memberikan ilmu agama kepada anak-anak. Kami ingin memotivasi nak-anak agar lebih giat lagi dalam mengaji dan mengutamakannya dibandingkan dengan bermain” Ucapnya.

Dalam pelaksanan KKN ini, mahasiswa melakukan beberapa aktivitas dalam upaya membantu TPA Al-Ikhlas ini. Kegiatan pertama adalah mahasiwa melakukan kegiatan mengajar Al-Quran dan Iqra kepada anak-anak di TPA ini. Ainia dan Faiz ditugaskan untuk mengajar dengan baik dan benar di TPA ini. Ainia ditugaskan di bagian Iqra dan Faiz ditugaskan di bagian Al-Quran. Yang kedua, proses pendampingan hafalan surah-surah pendek dan doa-doa harian. Untuk hafalan surah-surah pendek dimurajaah secara langsung kepada guru, sedangkan hafalan doa-doa harian dilaksanakan secara bersama-sama dan akan ditanyakan satu-satu. Yang terakhir adalah memberikan sedikit bantuan kepada TPA Al-Ikhlas yaitu Al-Quran dan alat-alat tulis. “Walaupun sedikit, semoga bisa bermanfaat untuk TPA Al-IKHLAS ini” tutur Ainia.

Pelaksanaan KKN ini dirasakan manfaatnya secara langsung oleh warga TPA, seperti guru, murid, orang tua dll. “Mengucapkan terima kasih atas kedatangan tim KKN Pendidikan Ekonomi FKIP UHAMKA atas partisipasinya. Kesannya adalah sangat membantu proses belajar mengajar mengaji di tempat kami. Sedangkan pesannya adalah semoga ilmu yang didapatkan bisa bermanfaat” tutur ibu Inayyah selaku guru TPA. Tak ketinggalan, guru lain pun turut memberikan komentarnya terhadp pelaksanaan KKN yang dilaksanakan oleh mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UHAMKA “Mengucapkan terima kasih kepada tim KKN Pendidikan Ekonomi FKIP UHAMKA atas partisipasinya ketika mengajar disini. Semoga ilmu yang diberikan bermanfaat untuk kita. Kesan dari tim KKN ini alhamdulilah kita mendapatkan pembaharuan pembelajaran di TPA ini, yaitu anak-anak sangat senang ketika diajarkan oleh kaka dari tim KKN ini. Pesanya, semoga dari kegiatan KKN ini bisa menjadi persyaratan mata kuliah dari KKN ini” tambah ibu Yayan.

Selain para guru, salah seorang siswa yang bernama Dimas pun memberikan komentarnya terkait pelaksanaan KKN ini. ”Terima kasih kakak dari UHAMKA yang udah mengajar disini. Saya sangat senang dengan kehadiran kaka. Semoga ilmu yang diberikan bisa bermanfaat dan kebaikan kaka dibalas oleh Allah SWT. Aamiin”. Respon-respon positif yang diutarakan oleh para pihak dari mitra KKN sangat positif terkait pelaksanaan KKN ini. Harapannya, kegiatan ini terus berlangsung kedepannya dengan segala perbaikan dengan menyesuaikan keadaan dan perkembangan zaman. Tidak hanya pelaksanaan saja, semoga ada rencana tindak lanjut dari para mahasiswa untuk membangun atau membantu daerah sekitar tempat tinggalnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline