Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Undip Memberikan Fakta-fakta yang Benar Tentang Vaksinasi!

Diperbarui: 7 Agustus 2021   21:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

/08/2021) -- Di seluruh Indonesia, saat ini masyarakat masih diselimuti kekhawatiran akan penyebaran Covid-19. Tidak dapat disanggah,bahwa akhir akhir ini tren kasus postif Corona varian delta mengalami peningkatan dan Kembali diberlakukan Perlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di berbagai kota termasuk Semarang sendiri.

Pemerintah Indonesia sudah menyediakan Vaksin yang terdiri dari 2 merk yaitu Sinovac dan Astrazeneca. Hal ini tentunya membawa harapan baru untuk dapat mengakhiri pandemic yang berkepanjangan ini. Namun Sebagian dari masyarakat masih takut akan melakukan Vaksinasi yang sudah disediakan oleh Pemerintah akibat dari Hoax yang beredar di media social seperti Whatsapp, Facebook, dll. Hal ini tentunya harus segera diatasi untuk menekan penyebaran Covid-19 yang kian hari semakin meningkat. Di lingkungan RW 06 Kelurahan Jomblang sendiri, masih terdapat warga yang masih belum vaksin sebanyak 40 orang yang terdata dan mungkin lebih dari itu yang tidak terdata oleh ketua RW.

Untuk menambah keinginan warga untuk vaksin, mahasiswa KKN TIM 2 Undip Tahun 2021, Prodi Teknik Sipil, Mohd. Aulia Ramadhan yang dibimbing oleh Ibu Eva Annisa S.Farm., Apt., M.Sc. berinisiatif untuk memberikan fakta fakta yang benar terkait vaksinasi melalui Media seperti infografis poster dan leaflet di lingkungan RW 06 Kelurahan Cempaka Baru.

Dengan media-media cetak ini, masyarakat dapat memahami apa saja fakta yang benar terkait Vaksinasi untuk mempercepat penangan Covid-19 di Indonesia.

Media yang digunakan seperti Infografis Poster, yang berisi fakta terkait dari Hoax yang beredar di Masyarakat, dan akan disebar ke 13 RT yang akan diletakkan pada poskamling/balai warga, Selain Infografis poster, media cetak lainnya yang digunakan adalah leaflet yang akan disebarkan ke rumah rumah warga yang belum divaksinasi.

Dengan adanya Poster dan leaflet ini, diharapkan pemahaman tentang Vaksinasi masyarakat di daerah Kelurahan Jomblang ini dapat meningkat dan menambah kepercayaan masyarakat terhadap vaksin, agar tercapai Herd Immunity  yang digadangkan oleh Pemerintah Indonesia.

"Semoga dengan adanya pemberian edukasi tentang fakta-fakta yang benar dari hoax yang beredar tentang vaksinasi ini warga yang takut divaksin, menjadi paham dan semoga mau segera divaksin". Ucap Bapak Rion selaku Ketua RW 06 Kelurahan Jomblang, Semarang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline