Lihat ke Halaman Asli

Mohammad Anzalas Surya Laksono

Student at Universitas Diponegoro

Mahasiswa KKN Undip Bagi-Bagi Susu Gratis untuk Anak-Anak RPTRA Mardani Asri Cempaka Putih, Jakarta Pusat

Diperbarui: 2 Agustus 2022   16:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Jakarta (02/08), Mahasiswa KKN TIM II 2021/2022 Universitas Diponegoro mengadakan sosialisasi mengenai gerakan gemar minum susu kepada anak-anak di RPTRA Mardani Asri Cempaka Putih Barat, Jakarta Pusat pada hari Kamis, 28 Juli 2022. Sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi anak-anak mengenai pentingnya minum susu bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak serta mengajak anak-anak untuk membiasakan diri untuk minum susu.

Susu merupakan hasil biosintesis dari keenjar ambing (mammary) hewan, ternak, atau mamalia betina. Susu merupakan emulsi lemak dalam air yang juga merupakan sistem koloid, mengandung protein, karbohidrat, vitamin dan mineral sehingga susu disebut dengan cairan bergizi lengkap.

Kesadaran akan pentingnya minum susu di kalangan anak-anak zaman sekarang mulai memudar. Anak-anak lebih gemar mengonsumsi minuman kemasan seperti teh dengan bebagai rasa yang justru kurang baik untuk kesehatan anak-anak. Selain itu, angka stunting anak-anak balita hingga usia sekolah dasar terbilang cukup tinggi di berbagai daerah di Indonesia.

Dengan mempertimbangkan urgensi tersebut, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melakukan aksi gemar minum susu dengan melaksanakan sosialisasi mengenai pentingnya minum susu. Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro juga membagikan susu, booklet, poster dan stiker gratis untuk anak-anak di RPTRA Mardani Asri Cempaka Putih Barat, Jakarta Pusat. Kegiatan sosialisasi ini terbagi menjadi 2 sesi yaitu sesi pertama merupakan sesi pemaparan materi oleh mahaiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro dan sesi kedua merupakan sesi game dan quiz. 

Ibu Farha, selaku pembina dan pengurus RPTRA Mardani Asri Cempaka Putih Barat mengucapkan banyak berterima kasih kepada para mahasiswa atas dilaksanakannya program sosilasisasi ini. Beliau berharap agar lebih banyak mahasiswa yang peduli terhadap edukasi ke anak-anak mengenai gizi dan pola hidup sehat.

"Melalui kegiatan ini, kami selaku mahasiswa berharap dapat memberikan dampak positif bagi anak-anak mengenai pentingnya minum susu bagi kesehatan serta tumbuh kembang. Kami juga berharap agar anak-anak dapat memulai kebiasaan baik dengan membudayakan minum susu setiap hari", Ujar Mohammad Anzalas, selaku mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro dan pelaksana program sosialisasi gemar minum susu.

Penulis : Mohammad Anzalas Surya Laksono, Mahasiswa S1 Peternakan Tim II KKN Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing : Nenik Woyanti, S.E., M.Si.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline