Lihat ke Halaman Asli

Mohammad Ali

PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Tugas sebagai Fasilitator Pendidikan PKG PJOK 2024

Diperbarui: 30 Agustus 2024   22:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

MOHAMMAD ALI (dokpri)

Fasilitator PKG PJOK 2024: Meningkatkan Kualitas Guru Pendidikan Jasmani untuk Masa Depan Gemilang

Mohammad Ali, S.Pd., seorang pendidik berdedikasi yang telah lama berkiprah dalam dunia pendidikan, kini mengemban tugas penting sebagai Fasilitator Penilaian Kinerja Guru (PKG) untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di tahun 2024. Dengan semangat meningkatkan kualitas pendidikan, Mohammad Ali bertugas memastikan bahwa guru-guru PJOK di wilayahnya mampu memenuhi standar profesionalisme dan kompetensi yang diharapkan.

Merencanakan Penilaian dengan Matang

Sebelum menjalankan tugasnya, Mohammad Ali memulai proses dengan perencanaan yang matang. Ia mengidentifikasi kebutuhan penilaian yang spesifik untuk guru PJOK, menyesuaikan instrumen penilaian, dan berkoordinasi erat dengan pihak-pihak terkait, termasuk kepala sekolah dan pengawas pendidikan. Tujuan utamanya adalah menciptakan lingkungan yang kondusif bagi para guru untuk berkembang dan memberikan yang terbaik dalam proses pembelajaran.

MOHAMMAD ALI (dokpri)

Observasi dan Evaluasi yang Tepat Sasaran

Saat penilaian dimulai, Mohammad Ali terjun langsung ke lapangan untuk melakukan observasi terhadap kinerja para guru PJOK. Ia menyaksikan secara langsung bagaimana guru-guru tersebut mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Dengan menggunakan instrumen penilaian yang telah disusun sebelumnya, ia mengumpulkan data dan bukti konkret terkait kinerja para guru.

"Melihat langsung bagaimana para guru berinteraksi dengan siswa dan menyampaikan materi adalah kunci untuk menilai apakah metode yang digunakan sudah tepat dan efektif," ujar Mohammad Ali.

Memberikan Umpan Balik Konstruktif

MOHAMMAD ALI (dokpri)

Setelah proses observasi selesai, Mohammad Ali tidak hanya berhenti pada penilaian saja. Ia memberikan umpan balik yang konstruktif kepada setiap guru PJOK yang dinilai. Umpan balik ini menjadi alat penting bagi para guru untuk mengenali kekuatan mereka sekaligus memperbaiki area yang memerlukan peningkatan. Dengan pendekatan ini, Mohammad Ali membantu para guru untuk terus berkembang dalam profesinya.

Pengembangan Profesional Berkelanjutan

Sebagai fasilitator, Mohammad Ali juga berperan dalam menyusun rencana tindak lanjut yang disesuaikan dengan hasil penilaian. Ia memastikan bahwa setiap guru PJOK mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan atau workshop yang relevan. Selain itu, ia terus mendampingi mereka melalui mentoring dan pembinaan, sehingga perkembangan kompetensi guru dapat terpantau secara berkelanjutan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline