Dalam menjalankan operasional bisnis, tentu memiliki berbagai strategi yang diterapkan agar bisnis yang dijalankan tetap berjalan dengan baik sesuai dengan Visi, Misi, dan tujuan didirikannya suatu bisnis.
Dalam ilmu manajemen stratejik, kita mengenal adanya grand strategy dan Matriks IE (Internal dan Eksternal) yang dapat diterapkan bagi para pelaku bisnis/usaha.
Dalam contoh ini penulis mengambil studi kasus pada BPR X mengenai Grand Strategy dan Matriks IE yang coba diterapkan oleh manajemen BPR X
Faktor Internal dan Ekternal BPR X
Menurut Kotler dan Keller (2012) bahwa dalam menjalankan bisnis, perusahaan kiranya melakukan pemantauan terhadap faktor internal dan eksternal dari perusahaan yang mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam menciptakan keuntungan. Analisa faktor internal digunakan untuk menemukan dan memanfaatkan peluang sebaik mungkin.
Dalam menganalisa faktor internal perusahaan, perusahaan tidak diharuskan untuk memperbaiki semua kelemahannya ataupun membanggakan kekuatan yang dimiliki perusahaannya.
Analisis faktor internal BPR X akan menjelaskan tentang kekuatan dan kelemahan pada BPR X, sedangkan Analisis faktor eksternal BPR X akan menjelaskan tentang peluang yang dimiliki BPR X dan ancaman yang dihadapi BPR X, adapun matrik faktor internal dan faktor eksternal BPR X sebagaimana berikut:
adapun bobot penghitungan faktor internal dan faktor eksternal adalah sebagai berikut:
Grand Strategy BPX X