Lihat ke Halaman Asli

Mohammad Sofyan

Programer Penelitian Sosial Ekonomi

Strategi Digitalisasi Bisnis di Era Revolusi Digital

Diperbarui: 8 Oktober 2021   09:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Selama masa pandemi Covid-19, peruabahan persepsi para pelaku bisnis mengenai strategi teknologi informasi merupakan strategi fungsional harus diselaraskan dengan strategi bisnis yang dipilih perusahaan. keselarasan yang dimaksud adalah keselarasan antara strategi bisnis dengan strategi teknologi informasi. 

Infrastruktur bisnis berubah ke arah digitalisasi dengan peningkatan pada interkoneksi antara produk, proses, dan layanan. 

Di banyak perusahaan yang mencakup industri dan sektor yang berbeda, teknologi digital dipandang sebagai kombinasi teknologi informasi, komputasi, komunikasi, dan konektivitas yang secara mendasar mengubah strategi bisnis, proses bisnis, kemampuan perusahaan, produk dan layanan, dan hubungan antar perusahaan utama dalam jaringan bisnis yang diperluas. 

Saat ini adalah waktu yang tepat untuk memikirkan kembali peran strategi teknologi informasi, dari strategi tingkat fungsional yang selaras tetapi pada dasarnya selalu berada di bawah strategi bisnis, hingga peran strategi digitalisasi bisnis yang merupakan perpaduan antara strategi teknologi informasi dan strategi bisnis.

Strategi digitalisasi bisnis merupakan strategi organisasi yang dirumuskan dan dijalankan dengan memanfaatkan sumber daya digital untuk menciptakan nilai tambah, sehingga mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas yang mendorong persaingan dan strategi diferensiasi bisnis. 

Adapun strategi digitalisasi bisnis yang bersumber dari Digital Business Strategy: Toward a Next Generation of Insights, meliputi: (1) the scope of digital business strategy, (2) the scale of digital business strategy, (3) the speed of digital business strategy, and (4) the sources of business value creation and capture in digital business strategy.

 The scope of digital business strategy

Memahami ruang lingkup strategi digitalisasi bisnis akan membantu kita untuk lebih memahami hubungannya dengan perusahaan, industri, infrastruktur teknologi informasi, lingkungan eksternal, dan bagaimana strategi digitalisasi bisnis dapat lebih efektif dalam berbagai pengaturan.

Konseptualisasi strategi kompetitif dalam era digital menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana ruang lingkup bisnis terpengaruh oleh digital teknologi. 

Proses strategi digitaliasi bisnis berbeda dari strategi teknologi informasi tradisional, strategi digitalisasi bisnis dapat dipandang sebagai inheren transfungsional. Semua strategi fungsional dan proses adalah meliputi seluruh sumber daya digital yang berfungsi sebagai jaringan yang terpadu.

Strategi digitalisasi bisnis bergantung pada banyaknya pertukaran informasi melalui digital platform di dalam dan di luar organisasi yang memungkinkan multifungsi strategi dan proses untuk tetap saling terkoneksi. Strategi digitalisasi bisnis merupakan bagian tak terpisahkan dari strategi bisnis pada era revolusi digital saat ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline