Lihat ke Halaman Asli

Qomarul Huda

Bapak satu anak

Moderasi Beragama Perkuat Zona Integritas

Diperbarui: 5 Desember 2021   10:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kakankemenag Kab. Rembang (tengah) menjadi pembicara dalam Pembinaan ASN dan Penguatan Moderasi Beragam (foto: Tim IT MAN 2 Rembang)

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, H.M. Fatah, M.Ed memberikan gambaran tentang pentingnya moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari. Ia menyebutkan empat hal sebagai ciri moderasi beragama yaitu komitmen kebangsaan berdasarkan Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945. Kedua toleransi terhadap umat beragama lain, ketiga anti kekerasan, dan yang terakhir menghargai budaya bangsa.

Hal ini disampaikannya dalam kegiatan Pembinaan ASN dan Penguatan Moderasi Beragama yang bertempat di aula MAN 2 Rembang.

Moderasi beragama yang terbangun kuat akan mendukung pelaksanaan Zona Integritas yang saat ini sedang dibangun. H.M. Fatah memaparkan berbagai kegiatan dan program dalam mendukung Zona Integritas yang telah dilakukan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang. 

Mulai dari bidang manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Ia juga memperlihatkan beberapa program unggulan Kemenag Kabupaten Rembang diantaranya SENSASI KITA (Senin Sarana Informasi Kita), SI PLAYON (PTSP online), SILAYAR (layanan melalui WA auto respon). “Berbagai inovasi ini diharap bisa memperkuat Zona Integritas sehingga bisa meraih predikat WBK dan WBBM,” imbuhnya.

MAN 2 Rembang saat ini juga sedang mempersiapkan menuju penilaian Zona Integritas. Berbagai hal yang diperlukan sudah dilengkapi pengumpulan berbagai dokumen pendukung dan pembuatan ruang PTSP. Diharapkan adanya sinergitas dari semua unsur pegawai, guru, dan siswa untuk mensukseskan kegiatan ini.

Pada acara tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang didaulat untuk menyematkan tanda kehormatan Satya Lancana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia kepada 20 PNS yang telah lama mengabdi. Selain itu juga diserahkan penghargaan kepada siswa siswi berprestasi yang berhasil menjadi juara di berbagai ajang lomba dan kompetisi. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline