Lihat ke Halaman Asli

Mohamad Nursolikin

Mahasiswa PPG Calon Guru

Rencana Aksi Nyata Terkait Asesmen Membaca dan Menulis (AKM) di Sekolah Dasar

Diperbarui: 31 Oktober 2024   02:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

http://bit.ly/aksinyata_literasidasartopik3

T3.7. Aksi Nyata Literasi Dasar

Rencana Aksi Nyata Terkait Asesmen Membaca Dan Menulis (AKM) Di Sekolah Dasar.

1. Kegiatan yang dipilih

Membaca cerita dan menulis rangkuman cerita dari bacaan yang berjudul "Kalah oleh Si Cerdik" yang dilaksanakan pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia.

2. Strategi yang digunakan

Membaca mandiri dan menulis kreatif dari cerita yang berjudul "Kalah oleh Si Cerdik".

  • Membaca Mandiri yaitu peserta didik diminta untuk memahami dan mencari informasi dari bacaan secara mandiri.
  • Menulis Kreatif yaitu peserta didik menulis rangkuman cerita dengan menggunakan kalimat mereka sendiri berdasarkan cerita yang telah dibaca.

3. Alokasi waktu

Alokasi waktu yang digunakan adalah 2 Jam Pembelajaran (2 X 35 menit)

4. Langkah-langkah kegiatan

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

  • Guru mengucapkan salam
  • Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa
  • Guru menjelaskan tujuan dan kegiatan yang akan dilakukan yaitu:
  • peserta didik mampu membaca secara mandiri cerita yang berjudul "Kalah oleh Si Cerdik". Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan literasi membaca peserta didik.
  • peserta didik mampu menulis rangkuman dari teks bacaan cerita yang telah dibaca. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan literasi menulis peserta didik.

Kegiatan Inti (45 Menit)

  • Guru menyediakan teks cerita dan membagikannya kepada masing-masing peserta didik.
  • Guru meminta peserta didik membaca teks cerita secara mandiri.
  • Guru meminta peserta didik merangkum cerita yang sudah dibaca dengan menggunakan kalimat mereka sendiri.
  • Guru meminta peserta didik untuk membaca hasil dari tulisan mereka di depan kelas.

Kegiatan Penutup (15 Menit):

  • Guru memberikan refleksi dan umpan balik tentang pembelajaran yang telah dilakukan.
  • Guru dan peserta didik menyimpulkan cerita yang telah dibaca dan ditulis.
  • Guru memberikan apresiasi kepada peserta didik.
  • Guru menutup pembelajaran dan mengucapkan salam

5. Asesmen yang digunakan:

  • Observasi

Guru mengamati aktifitas dan partisipasi peserta didik dalam kegiatan membaca maupun menulis.

  • Tugas Kinerja

Penilaian terhadap hasil tulisan rangkuman cerita dan hasil membaca peserta didi


Link Sumber Bacaan : https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/resource/doc/files/74._Isi_dan_Sampul_Kalah_oleh_Si_Cerdik.pdf

Link Download File Aksi Nyata : http://bit.ly/aksinyata_literasidasartopik3

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline