Lihat ke Halaman Asli

π™”π™–π™’π™žπ™£ π™ˆπ™€π™π™–π™’π™–π™™

TERVERIFIKASI

Ayah 3 anak, cucu seorang guru ngaji dan pemintal tali.

Sembalun, Integrasi Wisata Alam dan Agrowisata

Diperbarui: 4 Oktober 2024 Β  00:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Agrowisata Sembalun Bumbung dengan latar persawahan dan perbukitan (Dokpri)

Sembalun dikenal dengan lanskap alamnya yang asri. Daerah ini--berada di sisi utara Pulau Lombok, tepatnya, di kaki Gunung Rinjani--memiliki pesona alam dengan kemegahan gunung dan perbukitannya, keindahan hamparan sawah, dan rimbunnya hutan. Gunung Rinjani dikenal sebagai salah satu gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian puncaknya mencapai 3.726 mdpl. Sisi alamiah ini menjadi daya tarik banyak wisatawan lokal dan mancanegara.

Lebih dari itu wilayah, Sembalun tidak sekadar menyajikan pesona alam yang memukau tetapi juga menggambarkan kentalnya kehidupan masyarakat desa yang agraris. Hal ini ditunjukan oleh rutinitas harian penduduknya sebagai petani. Hasil pertaniannya pun melimpah dengan hortikultura menjadi komoditas utamanya.

Sebagai catatan, di era Orde Baru, sekitar tahun 1980-1990, menjadi periode kejayaan Sembalun sebagai sentra penghasil bawang putih Nasional. Kesuksesan itu membuat Presiden Soeharto bersama Ibu Tien tanggal 15 Oktober 1987 berada di NTB untuk menghadiri panen raya bawang putih di Sembalun yang saat itu masih menjadi bagian dari Kecamatan Aikmel.Β 

Sayangnya kejayaan itu surut mulai surut akibat kualitas dan hasil produksi yang semakin menurun. Beberapa sumber menyebutkan bahwa, penyebab kemerosotan lainnya digandakan oleh kebijakan impor bawang putih dari beberapa negara.

Ketika bawang putih tidak lagi menjadi komoditas utama, warga Sembalun berupaya beralih kepada produksi pertanian yang lebih variatif, seperti, kentang, wortel, brokoli, strawberry, dan sebagainya.Β 

Upaya untuk memperkaya keanekaragaman produk pertanian itu cukup sukses. Saat ini kegiatan pertanian itu menjadi basis utama pengembangan kegiatan agrowisata pada dua desa yaitu, Desa Sembalun Lawang dan Sembalun Bumbung.Β 

Faktor kondisi alam dan kehidupan agraris masyarakatnya membuat Sembalun menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer. Sembalun tidak saja familiar bagi masyarakat Lombok. Promosi wisata melalui media massa dan media sosial membuat Sembalun dikenal luas oleh wisatawan domestik, bahkan wisatawan mancanegara.

Sembalun secara administratif merupakan wilayah kecamatan di Kabupaten Lombok Timur. Tempat wisata ini dapat diakses melalui Kota Selong dengan menempuh perjalanan melalui Masbagik menuju Aikmel. Dari simpang Aikmel perjalanan dapat dilanjutkan menuju Suela dan melintasi hutan Lemor.

Memasuki wilayah Lemor jalur menuju Sembalun membelah hutan yang masih menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Fasilitas jalannya cukup memadai tetapi cenderung menanjak dan banyak belokan tajam.Β 

Maka pengendara perlu memastikan mesin kendaraan dalam kondisi prima mengingat jalur yang cukup menantang dan memacu adrenalin. Hal penting lainnya pengendara harus memastikan rem kendaraan memiliki fungsi yang stabil untuk menjaga keamanan berkendara.

Wisata Alam dan Petualangan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline