Waktu sudah menunjukkan pukul 10.00. Cuaca cerah. Matahari mulai menyengat. Satu jam sebelumnya saya kedatangan pengawas di sekolah. Kedatangannya tentu saja untuk melaksanakan fungsi kepengawasannya, salah satunya melakukan pengawasan dan pembinaan. Satu jam ngobrol, kami mendiskusikan sejumlah permasalahan dan program sekolah.
Sambil mengantarkan kepergian pengawas saya keluar ruangan untuk melemaskan bokong yang terasa penat akibat duduk agak lama. Saya melangkah menuju ke salah satu bagian halaman sekolah untuk mengontrol kerja penjaga sekolah yang tengan membersihkan salah satu sisi area lingkungan sekolah.Β
Area itu adalah tempat pembuangan sampah. Tempat itu kumuh dan tidak terawat. Sebuah akar pohon mengering yang telah ditebang. Akar iru seolah tumbuh setelah diratakan. Di sampingnya, ada tutup beton tanki septik dan Β bak resapan tak terpakai.Β
Sudah 3 sampai 4 hari penjaga mengerjakannya sendiri tanpa bantuan siapapun. Sesekali saya bersama siswa membantunya saat waktu istirahat. Rupanya untuk menyelesaikannya butuh waktu lebih dari itu. Tidak saja membersihkan dan membakar sampah tetapi juga meratakan area dari timbunan puing bangunan.Β
Puing itu lalu dibawa dengan kereta dorong untuk digunakan menimbun tempat parkir yang juga sedang mengalami perbaikan.Β
Rencananya di tempat itu akan dibuat tempat penampungan sekaligus pemilahan sampah organik dan nonorganik. Sebagian area direncanakan sebagai kebun sekolah dan apotik hidup. Area itu sudah cukup kalau hanya sekadar memenuhi media belajar berbasis Β lingkungan bagi anak-anak.
Tampak penjaga sekolah sedang asyik melakukan pekerjaannya. Melihat tempat itu, saya memperikaran 75% sudah rata dan bersih. Mungkin dalam satu dua hari proses pembersihannya sudah selesai.
Sebuah cangkul tua dan sekop bersandar di dinding. Mata cangkul tua itu hanya separuh dari cangkul ukuran normal. Mungkin sudah dipotong atau memang pemakaiannya sudah lama sehingga membuat ukurannya menciut. Saya melangkah ke arah dua benda itu.Β
Saya mengambil cangkul dan mulai meratakan tanah dan membuat timbunan. Berulang kali saya mengayunkan cangkul sampai gundukan tanah cukup untuk dinaikkan ke dalam kereta dorong.
Selanjutnya saya mengambil sekop dan memindahkan timbunan tanah ke kereta.Β