Lihat ke Halaman Asli

π™”π™–π™’π™žπ™£ π™ˆπ™€π™π™–π™’π™–π™™

TERVERIFIKASI

Ayah 3 anak, cucu seorang guru ngaji dan pemintal tali.

Mungkinkah Tugas Guru (Kelak) Digantikan Teknologi Digital?

Diperbarui: 5 Juni 2022 Β  07:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi belajar daring (Sumber: shutterstock)

Pada suatu pagi saya membuka laptop. Ketika saya mencoba masuk beranda sebuah grup Facebook. saya menemukan sebuah TS (Thread Starter) yang menarik perhatian saya. Saya kutip dan berikut ini adalah kalimat TS tersebut.

"Dengan Begitu Pesatnya Kecanggihan Teknologi Digital Masa Kini maka Bukan tidak Mungkin ini Β akan Mengancam Tugas Pokok Guru yang MUNGKIN pada Β akhirnya di kemudian hari siswa kita Β akan belajar bersama dgn om GOOGLE. Di Rumah.tidak ada lagi Pembelajaran Tatap MukaTrus Kita mau DikemanakanΒ "

Membaca TS tersebut, saya menyimpulkan ada kekhawatiran yang membuncah dalam sistem kognisi pemilik TS tentang profesi guru.Β 

TS tersebut menggambarkan betapa cemasnya yang bersangkutan karena profesi guru (menurut perkiraannya) suatu saat akan direnggut oleh teknologi informasi dan komunikasi.Β 

Anak-anak suatu saat nanti seakan tidak memerlukan lagi sosok seorang guru dengan hadirnya teknologi digital yang mampu memberikan informasi yang sangat lengkap.

Kemajuan teknologi, memang tidak dapat dinafikan, telah memberikan kontribusi kemudahan kepada setiap orang untuk belajar.Β 

Seseorang, misalnya, tidak perlu beringsut dari tempat duduk untuk mempelajari cara memperbaiki tivi yang rusak, laptop yang bermasalah, atau cara meracik makanan khas suatu daerah.

Bukti paling real adalah dalam keseharian saya adalah bagaimana anak bungsu saya yang baru berumur 4 tahun mampu berbahasa Indonesia karena terbiasa nonton YouTube. Padahal dalam komunikasi sehari-hari saya dalam keluarga dan lingkungan sosial menggunakan bahasa daerah.

Fakta di atas merupakan sebuah alasan munculnya kecemasan bahwa seseorang pada suatu saat kelak tidak memerlukan lagi orang lain untuk belajar.Β 

Dengan modal gadget dan fasilitas internet setiap orang dapat mempelajari setiap bentuk ilmu pengetahuan tanpa berinteraksi dengan sesama.

Diolah dari Canva

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline