Lihat ke Halaman Asli

Mohamad Gozali

Pendidik di Madrasah Ibtidaiyah

Kisah Santai di Benowo Park: Melepas Penat dan Menikmati Keindahan Alam

Diperbarui: 19 September 2023   20:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar: Biletskiy_Evgeniy 

Cerita pagi itu sungguh bikin adem, ya. Tetesan embun pagi, kayak butiran mutiara tuh, keluar dari anugerah Tuhan semalam. Sinar matahari yang datang memberi kehangatan di tengah panasnya dua kubu yang lagi heboh ngejar kekuasaan.

Bosen banget, bro, kalo setiap hari kerja-kerja mulu, otak kita bisa ngebul kayak mesin tua. Makanya, kadang-kadang kita butuh istirahat, ngelawan kekakuan pikiran, biar hidup gak monoton. Kita perlu variasi, biar segar dan gak tegang terus, yang bisa bikin hidup kita lebih enak, gak cuma fisik tapi juga pikiran kita.

Ada yang kita pengen, pasti ada juga yang kita harapin, kan? Jangan sampe yang kita pengen malah ngelupain harapan kita. Prioritasin yang besar, yang kecil-klein dulu nengokin aja.

Hidup itu butuh keseimbangan, bro. Badan kita juga perlu perawatan, jangan dipaksa terus-terusan buat kerja keras demi kesenangan dunia yang sementara. Soalnya, kalo terlalu berlebihan, badan bisa lelah banget, dan itu bisa berujung pada masalah kesehatan kayak kanker atau penyakit lainnya, serem kan?

Ada pertanyaan klise yang sering muncul, yang maksa kita buat jawab "tidak." Pagi itu awan tebal lagi pada nyebelin, nutupin matahari yang pengen keliatan, tapi si matahari gak mau kalah, berusaha ngejar tempat yang bisa keliatan oleh kita manusia. Ada burung merpati juga yang lagi main-main, nyari pasangan hidup.

Tapi ada satu merpati lagi, dia lagi bingung dan bener-bener kebingungan nyari belahan hatinya yang sengaja disekap oleh manusia jail. Di atas sana, dia kayak ngikutin kita terbang kemana aja kita pergi.

Jalanannya mulus sih, tapi kadang ada lubang yang bisa bikin motor tua ayahku bergetar hebat pas lewat. Meskipun belum se-mulus yang kita harapin, terutama jalan menuju desa Sungapan yang sering banget dilalui sama warga sekitar dan pendatang dari luar daerah yang makin banyak. Mungkin gara-gara dibikin lebih cantik Taman Makam Pahlawan Pengeran Benowo jadi Benowo Park.

Ternyata, pas gue lihat lagi ke atas, si merpati udah gak lagi ngikutin kita. Hanya jalan beton yang lebar kayak terowongan karena jalan tol yang memotong. Jalan tol yang menghubungkan Pemalang ke Semarang, walau belum sempurna tapi udah bisa dilewatin mobil-mobil banyak. Pasti ada dampak positif dan negatifnya, tapi gue gak akan bahas politik. Yang penting, semoga Indonesia makin baik ke depannya, gak peduli siapa yang jadi presiden.

Gak kerasa, udah sampe di pertigaan jalan antara desa Jebed, Sungapan, dan Penggarit. Gue bawa kendaraan menuju desa Penggarit, dan jalanannya asri banget, bro. Di kiri-kanan jalan ada sungai yang airnya lumayan deras, pohon-pohon hijau, dan rumput yang rapi. Tenang banget pikiran gue.

Di depan gue, ada bendungan gede banget. Kendaraan gue harus turun gigi buat naikin jalan yang lumayan curam, di bawahnya ada bendungan dengan air terjun yang deres banget. Kalo jatoh ke situ, gue gak bisa bayangin gimana akibatnya. Jalanannya sempit, harus bergantian kalo ada mobil lawan, jadi nyali gue ciut deh. Tapi gak ada yang berani ngebut-ngebutan di atas jembatan yang sempit itu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline