Lihat ke Halaman Asli

Mohamad Gozali

Pendidik di Madrasah Ibtidaiyah

Multiple Intelegensi untuk Madrasah Ibtidaiyah

Diperbarui: 23 Februari 2023   10:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan dasar di Madrasah Ibtidaiyah adalah tahap penting dalam perkembangan siswa, di mana siswa terlibat dalam proses pembelajaran yang berfokus pada pengembangan kemampuan kognitif, fisik, emosional, dan sosial mereka. Salah satu teori yang penting dalam pendidikan adalah teori Multiple Intelligences atau multiple intelegensi.

Menurut teori ini, setiap individu memiliki lebih dari satu jenis kecerdasan, dan setiap orang memiliki kombinasi yang unik. Ada delapan jenis kecerdasan yang dijelaskan oleh Howard Gardner dalam teorinya, yaitu:

Kecerdasan Linguistik-verbal

Kecerdasan Logis-matematis

Kecerdasan Visual-Ruang

Kecerdasan Musikal

Kecerdasan Kinestetik-Tubuh

Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan Naturalis

Dalam konteks pendidikan dasar di Madrasah Ibtidaiyah, teori ini dapat membantu guru memahami dan mengembangkan potensi siswa secara optimal. Guru dapat menggunakan pendekatan pembelajaran yang berbeda untuk memfasilitasi berbagai jenis kecerdasan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa dengan lebih efektif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline