Lihat ke Halaman Asli

Mohammad Afnani Tampan

Mahasiswa IAIN Jember PAI'18

Pembelajaran Teaching and Learning Berbasis Online

Diperbarui: 5 Mei 2020   17:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Model pembelajaran Teaching and learning merupakan landasan praktik pembelajaran hasil penurunan teori psikologi pendidikan dan teori belajar yang dirancang berdasarkan analisis terhadap implementasi kurikulum dan implikasinya pada tingkat operasional di kelas.

Penerapan pembelajaran pertama kali orang Amerika  diusulkan oleh Dawey pada tahun 1961.dimana pembelajaran ini  berpusat pada guru sehingga guru menyiapkan segala materi pembelajaran nya. Tetapi dengan Adanya suatu pandemi wabah penyakit virus pembelajaran diterapkan dengan online atau belajar dirumah, sehingga sistem pembelajarannya sangat terganggu bahkan sistem Kurikulum pun tidak berjalan semestinya sebagaimana  Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. 

Dalam pembelajaran online guru tidak bisa mengetahui potensi peserta didik sejauh mana kemampuan nya , sehingga dalam Landasan Filosofis dijelaskan Pendidikan untuk membangun kehidupan masa kini dan masa depan yang lebih baik dari masa lalu dengan berbagai kemampuan intelektual, kemampuan berkomunikasi, sikap sosial, kepedulian, dan berpartisipasi untuk membangun kehidupan masyarakat dan bangsa yang lebih baik.

Bukan hanya itu, pembelajaran online membuat siswa Stress,mengeluh  bahkan bosan dalam belajarnya kerena dirumah bukan hanya mata pelajaran yang dipikirkan pekerjaan rumah atau kegiatan lainnya .dalam menghadapi tersebut perlu ada evaluasi kedepannya sehingga pembelajaran berjalan seperti biasanya .

Solusi terbaik adalah kita tidak bisa mengubah qodrat Allah tetapi kita bisa berusaha dan doa agar menjadi Kondusif lagi ,bagi guru pembelaran tetap dijalankan agar tetapi guru harus tau kondisi dan situasi siswa maka jadikan kurikulum seperti biasanya jangan sampai guru selalu memberikan tugas setiap hari berikan tugas yang sewajarnya kerena bukan hanya mata pelajaran itu saja yang ditempuh bisa klenger siswa tersebut.

NT : Jadilah Guru yang di idolakan oleh siswa nya kerena Siswa tidak membutuhkan guru yang sempurna. Siswa membutuhkan seorang guru yang bahagia. siapa yang akan membuat mereka bersemangat untuk datang ke sekolah dan menumbuhkan kecintaan untuk belajar. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline