Assalamu'alikum Warahmatullahi WabarakatuhPada mata kuliah Perspektif Sosiokultural Dalam Pendidikan saya memperoleh pemahaman baru tentang perkembangan kognitif anak, kognitif anak dapat dipengaruhi oleh status sosio-ekonomi (SSE) dan interaksi sosial yang lain. Peran serta orang dewasa, komunitas, dan tatanan sosial berdasarkan status sosio-ekonomi dapat memberikan pengaruh besar dalam tumbuh kembang anak
Berikut hasil refleksi setelah mempelajari topik 2 Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan:
1. Mulai Dari Diri
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Saat itu saya hanya berpikiran dalam topik ini saya akan mempelajari mengenai permasalahan sosial dan budaya di Indonesia, tapi setelah saya mulai masuk ke pembahasan, saya memahami pentingnya bagi guru untuk bisa memahami perbedaaan status sosial ekonomi (SSE) pada setiap peserta didik, serta memberikan titndakan yang tepat agar setiap peserta didik dapat memperolah hak yang sama untuk sukses.
2. Eksplorasi Konsep
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Setelah saya mempelajari konsep ini, saya dapat mengetahui bahwa perkembangan kognitif anak dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pertama adalah status sosial ekomi, dimana anak yang terlahir dengan strata ekonomi yang lebih tinggi akan mempunyai akses Pendidikan yang lebih baik dan kemungkinan suskses yang lebih besar dibandingkan mereka yang memiliki strata ekonomi yag lebih rendah.
Kedua adalah bagaimana dukungan dari lingkungan atau interksi dengan orang lain, misalnya dukungan dari orang tua, teman, suadara dan komunitas yang mendukung anak untuk berkembang.
3. Ruang Kolaborasi
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?