Lihat ke Halaman Asli

Mohamad Krisna

Penulis paruh waktu, pemikir penuh waktu

Strategi Jitu Membangun Customer Focus

Diperbarui: 16 Agustus 2021   09:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

take.net

Customer focus merupakan salah satu strategi dalam bisnis yang wajib dipahami agar bisnis atau perusahaan bisa berkembang dan tumbuh.

Tentunya menjaga fokus pada pelanggan merupakan kunci sukses berbisnis, bukan?

Sebuah perusahaan yang baik pasti akan menempatkan konsumen sebagai fokus utama. Oleh karena itu penerapan customer focus pada bisnis ini memang strategi ampuh meningkatkan kepuasan pelanggan.

Apa itu customer focus?

Customer focus merupakan strategi fokus pada pelanggan dalam sebuah bisnis yang bertujuan menciptakan customer experience yang baik.

Jadi, budaya fokus pada pelanggan adalah budaya dimana sebuah perusahaan menempatkan diri sebagai solusi dari masalah customer ketimbang mengutamakan kepentingan bisnis.

Dalam menerapkan customer focus memiliki customer support dengan skill baik saja tidak cukup.

Idealnya, fokus pada pelanggan dalam sebuah bisnis menerapkan customer care secara menyeluruh karena selain merupakan pendekatan strategi, customer focus juga merupakan masalah strategi marketing dan inovasi teknologi.

Ciri-ciri bisnis yang fokus pada pelanggan

Dikutip dari Helpscout, ada beberapa ciri-ciri dari sebuah bisnis yang menerapkan customer focus, yaitu:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline