Lihat ke Halaman Asli

Moezenatus Sholiha

Mahasiswi UIN

Rawikara Sagraha Blusukan Menjalin Silaturahmi di Desa Sawahan Kecamatan Turen

Diperbarui: 25 Desember 2023   19:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Di hari kedua kelompok Rawikara Sagraha yakni kelompok 164 KKM UIN Malang melakukan kegiatan blusukan atau lebih sopan nya kami sebut dengan sowan. Sowan dalam bahasa Jawa berarti menghadap kepada orang yang lebih tua dan dihormati.

Acara ini dimaksudkan sebagai jalur utama penghubung silaturahmi antara kelompok KKM 164 bersama para warga. Kegiatan sowan diikuti oleh seluruh anggota kelompok 164 yang diketuai oleh Annas Syafril. Sowan dilakukan dari jam 8 setelah kami makan pagi, kemudian dilanjutkan dengan sowan dari rumah RT dan RW beberapa dusun, baik dusun tempat tinggal perempuan dan tempat tinggal lelaki.

Kedatangan kami disambut baik oleh para warga setempat, senyuman ramah mereka, membungahkan kelegaan di hati kami. Tidak hanya mengenal kultur Desa Sawahan, warga desa Sawahan,bahkan kami juga  mengenal potensi sumber pekerjaan warga setempat. Banyak hal yang kami peroleh dari kegiatan blusukan kali ini, termasuk nasihat yang bermanfaat bagi kami dari para tetuah warga.

Tujuan dari blusukan tidak sekedar jalur silaturahmi antar warga dan kelompok kami,tapi juga mengenal lebih dalam masyarakat di Desa Sawahan, serta mensosialisasikan serta meminta izin kepada masyarakat untuk merealisasikan beberapa kegiatan yang telah kami rancang untuk Desa sawahan.

Kegiatan sowan kami berakhir pada pukul 09.00 malam tepatnya di rumah Bapak RW 4, perasaan senang kami bawa pulang ke kontrakan kami. Banyak pengalaman yang dapat kami ambil. Senyuman ramah para warga masih membekas dihati kami,bahkan riyuh suara anak kecil memanggil kami dengan sebutan "Kakak KKN" masih terngiang ditelinga kami dengan wajah polos mereka menyambut kami dengan sepenuh hati.

Harapan kami segala rencana yang telah kami susun agar mudah terlaksana dengan baik dari awal hingga akhir, dan kami juga berharap dapat memberikan kemanfaatan untuk warga desa Sawahan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline