Lihat ke Halaman Asli

Moezenatus Sholiha

Mahasiswi UIN

Pembukaan KKM UIN Malang: Rawikara Sagraha di Desa Sawahan, Kecamatan Turen

Diperbarui: 25 Desember 2023   14:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok.pri

Tepat pada bulan Desember, mahasiswa UIN Malang semester 5 diberi kejutan yang sangat bermakna. Tidak hanya itu KKM (Kuliah Kerja Mahasiswa) juga diikuti oleh beberapa angakatan dari berbagai program studi sebagai pemenuhan persyaratan kampus.

Kuliah Kerja Mahasiswa merupakan puncak dimana mahasiswa diminta untuk mengabdi pada masyarakat atas hasil yang telah ia pelajari selama ini, tidak hanya itu pengabdian masyarakat juga proses dari belajar mahasiswa untuk mengulas banyak hal.

Dari sekian banyak mahasiswa dikumpulkan menjadi beberapa kelompok, yang kemudian setiap kelompok dikirim ke beberapa desa. Bertepatan pada tanggal 20 Desember 2023 desa Sawahan menjadi tujuan UIN Malang untuk pelaksanaan kegiatan KKM. Kelompok yang diutus untuk mengabdi di desa ini ada 3 kelompok yakni kelompok 162, kelompok 163, dan kelompok 164

Kelompok 164 memilih memberikan identitas pada kelompok nya dengan nama Rawikara Sagraha. Pada tanggal 20 merupakan hari yang spesial di kelompok kami dimana 3 acara dilakukan dengan waktu yang beruntun.

dokpri

Acara pertama yakni pelepasan mahasiswa KKM UIN Malang di lapangan UIN Malang. Acara symbolis ini dilakukan dengan cara penerbangan balon. Acara dimulai tepat pada jam 07.00 kemudian berakhir pada pukul 08.00

dokpri

Selanjutnya yakni pembukaan kegiatan KKM di balai desa Sawahan. Pembukaan disambut dengan penuh hangat baik dari pemerintah desa Sawahan. Acara pembukaan dihadiri oleh 3 dosen pembimbing lapangan, yakni Bu Roiyan One Febriani, M.Pd , Bu Roro Indah Melani, M. T , M. Sc, dan Bu Wahyu Indah Mala Rohmana, M.Pd sebagai dosen pembimbing lapangan kelompok 164.

dokpri

Acara berjalan dengan penuh hikmat, pihak pemerintah desa menerima mahasiswa KKM dengan ramah. Acara pembukaan dibalai desa dimulai pada pukul 10.00 wib. Sambutan demi sambutan disampaikan sebagai pembekalan bagi mahasiswa. Sambutan pertama disampaikan oleh perwakilan DPL yakni Bu Roiyan One Febriani, M.Pd selanjutnya disampaikan oleh perwakilan 3 kelompok yakni Adrew Fahlevi Arribath dan tepat pada penghujung acara yakni sambutan yang disampaikan oleh kepala desa sebagai tanda serah terima dan keterbukaan desa Sawahan menerima mahasiswa KKM yakni bapak Wahyudi, St. Selain itu setelah penyampaian sambutan, potong tumpeng dilakukan bersama sebagai tanda kekeluargaan bagi kita semua. Acara berakhir dengan penuh kebahagiaan, segala harap sudah tersampaikan pada kegiatan pembukaan.

dokpri

Dan acara terakhir yakni pembukaan di kantor kecamatan yang dihadiri oleh perwakilan kelompok,acara ini dimulai pada pukul 13.00 wib. Acara berjalan dengan penuh hikmat dan kebahagiaan, kemudian setelah acara berakhir setiap kelompok resmi melaksanakan kegiatan KKM sesuai dengan desa yang telah dibagi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline