Lihat ke Halaman Asli

Modest Sheeran

Freelance, Penulis/Blogger

Indonesia Peringkat ke-2 dengan Jumlah Perpustakaan Terbanyak di Dunia

Diperbarui: 3 Maret 2024   11:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok : Mycollectionpicture

Indonesia Peringkat kedua dalam Jumlah Perpustakaan terbanyak di Dunia

Indonesia adalah satu-satunya negara yang dikenal dengan negara beribu pulau, yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Indonesia dikenal dengan negara yang sejuk karena memiliki ribuan pepohonan yang terlindungi, karena memiliki beribu pulau, negara Indonesia juga memiliki ribuan suku, adat, budaya bahasa dan agama. Walaupun begitu banyak perbedaan yang dianut oleh negara Merah Putih ini, namun rasa sosialisme dan kerukunaan akan gotong royong yang tinggi inilah yang menjadi pemersatu negara Indonesia, yang bermakna "Bhineka Tinggal Ika" yang artinya walaupun berbeda-beda, tetapi tetap satu. Walaupun berbeda-beda suku, pulau, bahasa dan lainnya namun tetap satu Indonesia, tetap satu tekad Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Negara yang dijuluki sebagai Negara kepulauan ini, jika dilihat dari segi keminatan dan keaktifannya akan pendidikan sangatlah tinggi sehingga tersebar selaksa sekolah,  dan perguruan tinggi disetiap lakuna disudut negara kepulauan ini. Begitu banyak sekolah yang tersebar di Indonesia otomatis sarana prasarana akan dunia pendidikan harus diimbangi agar menghasilkan anak bangsa yang berkualitas di atas samudera  khatulistiwa. Sekolah tanpa buku adalah hampa, buku tanpa membaca adalah hampa. Sekolah ibarat Kapal dan buku ibarat nahkoda, saling tergantung satu sama lain. Karena buku adalah nahkoda dari bangsa sehingga pemerintah mendirikan sesuatu prasarana akan sekolah yang kemudian diberi nama Perpustakaan. 

Perpustakaan adalah tempat menyimpan buku, untuk dibaca dan dipelajari oleh setiap anak bangsa. karena begitu banyak sekolah dan perguruan tinggi maka pemerintah berinsiatif mendirikan begitu banyak perpustakaan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.Menurut data tahun 2018 dari Online Computer Library Center (OCLC), lembaga jejaring perpustakaan berbasis di Amerika Serikat, Indonesia peringkat kedua dalam jumlah Perpustakaan terbanyak didunia setelah India dengan jumlah perpustakaan sekitar 164.610 Perpustakaan di 34 Provinsi di Indonesia, yang terdiri dari Perpustakaan umum 25,8% yang terbagi dari Perpustakaan umum Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa/Kelurahan, Komunitas dan taman baca. kemudian ada Perpustakaan sekolah 69%, jenis perpustkaan tertinggi. 

Perpustakan perguruan tinggi 4% dan ada Perpustakaan khusus 1,2%.
Sebagai salah satu negara dengan Perpustakaan terbanyak didunia, sebagai pelaku dan anak muda bangsa mari kita tingkatkan pemanfaatan prrpustakaan untuk meningkatkan literasi bagi masyarakat, untuk memperluas aksea buku berkualitas dan mendorong budaya atau minat membaca dan menulis disemua kalangan  agar tercipta dampak positif yang signifikan bagi perkembangan litearsi di Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline