Lihat ke Halaman Asli

MOCH YUSAK AFANDI

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Malang

Pengabdian Masyarakat di Kelurahan Jodipan: Seminar Strategi Pemasaran Berbasis Identitas Bisnis dan Re-Design Logo UMKM Kelurahan Jodipan

Diperbarui: 18 Desember 2024   14:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sesi Foto Bersama dengan para UMKM dan Para Penyelenggara (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UM) 

Pada Selasa, 17 Desember 2024, Kelurahan Jodipan, Kota Malang, menjadi tuan rumah kegiatan pengabdian masyarakat yang bertajuk "Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Identitas Bisnis". Kegiatan ini diselenggarakan oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2024 Universitas Negeri Malang yang bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka.

Seminar ini diadakan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan daya saing produk lokal pada UMKM di Kelurahan Jodipan. Desa yang dikenal sebagai destinasi wisata dengan Kampung Warna-Warni-nya ini memiliki banyak potensi, mulai dari kerajinan tangan, kuliner, hingga produk kreatif lainnya. Namun, banyak pelaku UMKM yang belum memahami pentingnya membangun identitas bisnis yang kuat sebagai strategi pemasaran. Seminar ini tidak hanya berupa paparan materi, tetapi para mahasiswa juga membantu para UMKM untuk membuat logo usaha mereka. 

Sekertaris Kepala kelurahan Jodipan menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara atas kontribusinya dalam memberdayakan masyarakat lokal. "Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi warga kami. Dengan pengetahuan yang lebih baik, kami optimis produk lokal Kelurahan Jodipan dapat semakin dikenal di tingkat nasional maupun internasional," ujar Sekertaris Kepala Desa Jodipan.

Seminar ini diharapkan menjadi langkah awal untuk menciptakan ekosistem bisnis yang lebih berdaya saing di Kelurahan Jodipan. Peserta seminar diharapkan dapat menerapkan strategi pemasaran yang telah dipelajari, sehingga produk mereka mampu bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan bukti nyata bahwa kolaborasi antara akademisi, pemerintah, dan masyarakat dapat memberikan dampak positif bagi pemberdayaan ekonomi lokal. Dengan penguatan identitas bisnis, produk-produk dari Kelurahan Jodipan diharapkan tidak hanya menjadi kebanggaan lokal, tetapi juga mampu menarik perhatian pasar yang lebih luas. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline