Lihat ke Halaman Asli

Mr. Roneyy

Mahasiswa

Reboisasi Hari Ini Untuk Masa Depan, KKN PAR Desa Tamanayu Lumajang

Diperbarui: 12 November 2022   22:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri 

Tamanayu, 12 November 2022
Setelah melalui proses yang panjang dan menguras pikiran, mahasiswa IAI Syarifuddin akhirnya sampai pada tahap terpenting dalam proses KKN PAR di Desa Tamanayu. Pukul delapan pagi, seluruh personel baik dari kalangan masyarakat, kelompok tani dan komunitas pecinta lingkungan (KOPLING) Desa Tamanayu sudah siap melaksanakan aksi.

dokpri 


Meskipun melintasi medan dan jalur pendakian yang tidak biasa, untuk menuju pusat reboisasi di sumber mata air Dusun Jagokereng, seluruh personel sama sekali tidak mengeluh dan senantiasa bersenda gurau agar rasa lelah tidak terasa.

Pak Kepala Desa Tamanayu, Bapak Abdul Kholiq pun turut serta dalam kegiatan dari awal hingga akhir. Total, ada 300 pohon yang ditanam di titik-titik tertentu yang sudah ditentukan terutama di pusat sumber mata air. Ada beberapa insiden kecil yang mewarnai proses to action ini. Selain itu jalinan keakraban bersama warga dan komunitas terjalin dengan sangat erat dan bersahabat.

img-20221112-wa0069-636fb33508a8b510bd2a3092.jpg


"Dengan adanya kegiatan reboisasi ini saya berharap, sumber mata air kembali terjaga terutama di musim kemarau dan dapat menahan longsor jika mulai musim hujan. Terima kasih anak-anak KKN," ujar salah satu warga di sela-sela waktu istirahat setelah kegiatan.

Penulis : Deva Ovalia Ramadanty
Mahasiswa KKN PAR IAI Syarifuddin Desa Tamanayu




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline