Lihat ke Halaman Asli

Moch Naufal Zhafran

Mahasiswa Ilmu Sejarah Universitas Jember

Florida Theater: Jejak Sejarah Bioskop di Kota Tembakau (Jember) pada Masa Kolonial

Diperbarui: 13 April 2024   21:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Florida - bioscoop te Djember." TM-60044684. Wereldmuseum.

Seiring perkembangan zaman, bioskop menjadi salah satu tempat hiburan yang dipilih masyarakat modern saat ini. Di Jember sendiri, setidaknya terdapat 5 bioskop yang tersebar di pusat kota, antara lain Kota Cinema Mall Jember, XXI Transmart Jember, Cinepolis Lippo Plaza Jember, dan CGV Roxy Jember. Jika ditarik garis sejarahnya, Kota Tembakau ini ternyata sudah memiliki bioskop sejak zaman kolonial Hindia Belanda.

Kabupaten Jember kala itu telah memiliki tiga gedung bioskop, yang satu berada di Jatiroto, sedangkan dua lainnya berada di kota Jember. Ketiga bioskop tersebut, antara lain Djatiroto Societeit, Florida Theater, dan Societeit Vereeniging. Hanya satu yang diketahui pemiliknya, yaitu Florida Theater yang dimiliki oleh Geo A. Fripp. Adapun dua bioskop lainnya tidak diketahui pemiliknya. Selain itu, ketiga bioskop tersebut juga sudah tidak diketahui secara pasti keberadaan bekas bangunan gedungnya. Hal ini karena keterbatasan sumber sejarah terkait sejarah bioskop di Jember pada masa kolonial Belanda.

Bioskop Florida Tahun 1935

Sumber: 

Denny Antyo Hartanto. "History Of Marketing Communication Of Cinema Production In The Exhibition Industry In Jember," Jurnal Pakarena, Vol. 8, No. 1, 2023, hlm. 56-64.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline