Lihat ke Halaman Asli

MochNabil RSP

Mahasiswa

Mahasiswa UNTAG Surabaya Melaksanakan Pelatihan pada Klien Rehabilitasi di PLATO Foundation

Diperbarui: 22 Juni 2023   20:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

TIM MBKM BKP Proyek Kemanusiaan Mahasiswa Untag Surabaya, DokPri

Surabaya - Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) adalah sebuah inovasi yang dibuat oleh Kemendikbudristek yaitu sebuah kebijakan untuk mentransformasi sistem Pendidikan tinggi di Indonesia untuk menghasilkan lulusan yang lebih relevan. Adapun salah satu program MBKM yaitu MBKM Proyek Kemanusiaan dan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya juga merupakan salah satu pelaksana MBKM dari sekian banyak Perguruan Tinggi di Indonesia. Salah satu mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Moch.Nabil R.S.P turut serta dalam kegiatan MBKM BKP Proyek Kemanusiaan di PLATO Foundation. PLATO Foundation merupakan sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang pengembangan diri dan pemberdayaan masyarakat. Dalam mengembangkan program-programnya, PLATO telah membangun jejaring, kerjasama dan bersinergi dengan pemerintah dan berbagai stakeholder di tingkat lokal, nasional dan internasional. Selain itu, PLATO Foundation juga menjadi salah satu tempat pusat rehabilitasi narkoba yang berlokasi di Jl. Cipta Menanggal V No.16, Menanggal, Kec. Gayungan, Surabaya.

Proyek kemanusiaan yang akan diberikan dalam hal ini adalah menjadi relawan yang akan melakukan pertolongan pertama psikologis. Selain itu mahasiswa juga akan memberikan pelatihan dan sosialisasi terkait dengan pengembangan diri dan karir pada berbagai lapisan masyarakat baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun lansia agar dapat menambah wawasan dan keterampilan mereka terkait dengan pengembangan diri dan karir yang perlu diketahui oleh warga.

Adapun salah satu program kerja yang dijalankan oleh salah satu mahasiswa ini yaitu Pelatihan   serta pemaparan materi mengenai Pengembangan diri dan karir dengan Teknik Johari Window dan Materi Trait and Factor. Tujuan dilaksanakannya program ini yaitu berawal dari stigma di kalangan masyarakat yang memberikan label kepada para “korban” yang menggunakan narkoba dengan mengatakan mereka yang sudah terpapar narkoba adalah “orang yang gagal”, “orang yang tidak berguna”, dan “sampah masyarakat”. Selain itu, orang yang terkena narkoba adalah orang yang tidak mempunyai masa depan. Untuk itu, program kerja mengenai Pelatihan ini akan membantu para klien rehabilitasi mengetahui; kepribadian mereka, potensi yang dimiliki, serta mengetahui kelebihan dan kekurangan yang mereka miliki. sehingga para klien rehabilitasi dapat menyadari bahwa mereka memiliki kelebihan yang dapat dikembangkan lagi.

foto-1-6494151f10d8e059190790c2.jpeg

Dokementasi Kegiatan Pelatihan di PLATO FOundation, Dokpri

Teori ini disebut dengan teori johari windows karena teori ini memiliki empat bagian seperti jendela. Menurut Rakhmat (2018) , menjelaskan dan memahami interaksi interpersonal yang memiliki empat kuadran antara lain area terbuka (open area), area buta (blind area), area tersembunyi (hidden area), dan area tidak dikenal (unknown area) yang terbentuk dari persimpangan antara pengetahuan diri dan pengungkapan diri untuk menjelaskan tentang pribadi seseorang.

Secara bahasa trait dapat diartikan dengan sifat, karakteristik seorang individu. Sedangkan factor berarti tipe-tipe, syarat-syarat tertentu yang dimilki oleh sebuah pekerjaan atau suatu jabatan. Teori Trait and Factor memberikan asumsi bahwa kecocokan antara trait dengan factor akan melahirkan kesuksesan dalam suatu karir yang dilalui oleh seseorang dan begitu sebaliknya kegagalan dalam mencocokkan Trait dengan factor akan menimbulkan kegagalan dalam sebuah pekerjaan.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 30 klien rehabilitasi di PLATO Foundation. Selain itu, kegiatan ini pun di ikuti oleh mahasiswa lainnya yang juga mengikuti program MBKM BKP Proyek Kemanusiaan. Tidak hanya dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, mahasiswa dari Universitas Negeri Surabaya juga turut serta dalam kegiatan proyek kemanusiaan ini.

Savira Aulia A. Selaku Koordinator pencegahan dan pemberdayaan masyarakat PLATO Foundation menyatakan " Kehadiran dari Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya pada kegiatan MBKM Proyek Kemanusiaan ini tentu sangat membantu dan memberikan dampak positif dari segi program maupun dari sisi penerimaan klien rehabilitasi terhadap program yang dijalankan Mahasiswa sebagai fasilitator di PLATO Foundation. Tidak terkecuali juga komunitas binaan PLATO Foundation yaitu Koalisi Bersih Narkoba Menanggal yang mana mahasiswa juga terlibat dalam pemberdayaan komunitas binaan PLATO Foundation."

Moch.Nabil R.S.P (1512000246)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline