Lihat ke Halaman Asli

Moch Hafidz Alfikri

Mahasiswa S1 Pendidiakan Ips UIN Malang

Urgensi Sumber Belajar Prespektif M. Gagne

Diperbarui: 27 Oktober 2023   02:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manusia merupakan makhluk yang seharusnya tidak bisa berhenti belajar, mengingat belajar merupakan aspek fundamental di dalam kehidupan manusia. Lalu mungkin sebagaian dari kita pernah bertanya mengapa belajar begitu penting bagi manusia? ya mungkin salah satau  jawaban yang tepat ialah belajar sendiri merupakan salah satu kegiatan yang membedakan manusia dengan hewan, sebgai fitrah kita sebagai manusia kita diberi akal fikiran untuk berfikir. 

Berbicara tentang belajar dan seperti yang kita ketahui belajar adalah proses yang kompleks banyak sekali teori yang membhas mengenai belajar. Masing - masing teori memiliki sebuah prinsip sendiri dan dalam setiap peinsip juga akan mempengaruhi terhadap sumber belajar. Titik fokus dari setiap pembelajaran sendiri memiliki pusat perhataian yang berbeda - beda. Dalam hal ini ada beberapa pusat perhatian, ada yang memusatkan perhatianya pada proses belajar, hasil belajar, isi yang dipelari atau bisa juga yang lebih berfokus pada rekontruksi pengetahuan. 

Dengan lebih mengingat bahwa kegiatan pembelajaran tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, tetapi haru disertai dengan teori belajar tertentu, diharapkan guru dan perancang pembelajaran dapat memilih teori belajar yabg tepat yang mana teori ini  mampu diterpkan sebgai landasan yang insruktional dalam pembelajaran.

Berbicara mengenai prinsip belajar, salah satu prinsip be;ajar yang perlu diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran ialah prinsip Robert M. Gagne, prinsip Gagne sendiri lebih familiar dengan istilah nine instructional events Gagne. Keberadaan sumber belajar dalam pembelajaran sendiri tidak bisa dipungkiri pentingnya. Namun, dewasa ini sumber - sumber belajar yang tersedia di satuan pendidikan kurang dimanfaatkan secara maksimal dalam satuan pendidikan guna mendukung pembe;ajaran.   Atas dasar hal ini akankah lebih baik jika satuan pendidkan yang kita punya memaksimalkan pengelolaan sumber belajar secara sistematis dan terorganisir. Lalu bagaimana prinsp - prinsip belajar yang tepat menurut Robert M.Gagne ? mari kita bahas bersama - sama. 

Robert M. Gagne mengenai Teori Belajar

Dalam tulisanya di buku The Conditioning of Learning Gagne mengemukakan bahwa definisi belajar ialah perubahan yang terjadi dalam kemampuan manusia setelah belajar secara terus menerus, bukan hanya disebabkan oleh proses pertumbuhan saja. Dari definisi ini mGagne menganggap bahwa ada banyak faktor yang mempengaruhi belajar, baik itu faktor dari dalam maupun faktor dari luar. 

Sedangkan menurut Gagne pembelajaran yang baik sebaiknya memperhatikan peristiwa pembejaran yang baik hendaknya: 

1) menimbulkan minat dan memusatkan perhatian agar peserta didik siap menerima pelajaran

 (2)menyampaikan tujuan pembelajaran agar peserta didik tahu apa yang diharapkan dalam belajar itu

 (3) mengingat kembali konsep/ prinsip yang telah dipelajari sebelumnya yang merupakan prasyarat

 (4) menyampaikan materi pembelajaran

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline