PEMIKIRAN PENDIDIKAN KH. HASYIM ASY'ARI SERTA IMPLIKASINYA
TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM GENERASI ALPHA
Mochammad Nur Hadi
- Magister Pendidikan Agama Islam, UIN Sunan Ampel, Indonesia
* nurhadi100696@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini ditulis untuk mengetahui bagaimana sejarah pemikiran pendidikan dari KH. Hasyim Asy'ari serta relevansinya terhadap pendidikan Islam yang dialami oleh generasi alpha. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif jenis penelitian menggunakan library research atau penelitian kepustakaan. Peneliti mencoba berupaya dengan cara mengumpulkan data pustaka berupa buku, jurnal, dan artikel yang kemudian diolah dan dianalisis, serta disimpulkan. Metode analisis data yang nanti akan digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis isi (Content Analysis). Sebagaimana konsep dalam penelitian pada umumnya, pemikiran pendidikan prespektif KH. Hasyim Asy'ari tentu sangat cocok dengan pendidikan Islam yang dijalani oleh Generasi Alpha, terutama dalam tujuan membentuk individu yang bermoral dan berakhlak mulia. Pendidikan dikatakan berhasil jika mampu menghasilkan peserta didik yang menjaga hubungan baik dengan Tuhan, sesama, dan alam, yang sejalan dengan tujuan pendidikan Islam. Kurikulum KH. Hasyim Asy'ari meliputi ilmu agama dan ilmu yang juga sesuai dengan kurikulum pendidikan Islam kontemporer. Menurutnya guru memiliki peran sentral dalam mendidik, sementara peserta didik harus bersikap rendah hati, menghormati guru, dan aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, metode pengajaran yang berfokus pada sesuatu konkrit menuju abstrak juga sejalan dengan praktik pendidikan Islam yang dijalani atau dialami generasi alpha.
Kata Kunci: KH. Hasyim Asy'ari, Pemikiran Pendidikan, Pendidikan Islam, Generasi Alpha
Abstract
This research was written to find out how the history of educational thought from KH. Hasyim Asy'ari and its relevance to Islamic education experienced by the alpha generation. This research method uses a descriptive qualitative method using library research or library research. Researchers try to work by collecting library data in the form of books, journals, and articles which are then processed and analysed, and concluded. The data analysis method that will be used in this research uses the content analysis method. As a concept in research in general, the educational thinking of KH. Hasyim Asy'ari's perspective is certainly very suitable for Islamic education undertaken by the Alpha Generation, especially in the aim of forming moral and noble individuals. Education is said to be successful if it is able to produce students who maintain good relationships with God, others, and nature, which is in line with the goals of Islamic education. KH. Hasyim Asy'ari's curriculum includes religious sciences and sciences that are also in accordance with the contemporary Islamic education curriculum. According to him, teachers have a central role in educating, while learners should be humble, respectful of teachers, and active in the learning process. In addition, the teaching method that focuses on something concrete to abstract is also in line with the practice of Islamic education that the alpha generation lived or experienced.